TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Garra Rufa Si Dokter Ikan

 MlatenMania.com - Perikanan yang meliputi tangkap dan budidaya membuat hasil produknya menjadi beranekaragam. Dewasa ini, sektor perikanan tangkap mengalami keterbatasan stock untuk menyediakan produk perikanan membuat akuakultur lebih memiliki potensi yang baik. Akuakultur merupakan salah satu sektor perikanan yang bertujuan untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya di dalam wadah terkontrol. Kegiatan akuakultur tidak hanya dilakukan pada produk ikan konsumsi saja, akan tetapi juga dilakukan pada produk ikan hias. Peningkatan permintaan produk perikanan baik itu ikan konsumsi dan juga untuk produk ikan hias membuat kegiatan akuakultur perlu untuk dikembangkan.

Mengenal Garra Rufa Si Dokter Ikan
Ikan Garra Rufa

Ikan Garra Rufa

Garra rufa merupakan ikan yang digunakan untuk membersihkan kulit atau gangguan kulit lainnya. Ikan Garra rufa ini pertama kali ditemukan di sungai Kwai. Pengobatan dengan ikan Garra rufa atau yang biasa disebut Doctor Fish pertama kali diteliti di Kangal, Turki sehingga biasa disebut juga Kangal fish (Takao 2014).

Klasifikasi Ikan Garra Rufa

Menurut Grassberger & Hoch (2006) nama dan klasifikasi Garra rufa sebagai berikut:

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  •  Kelas : Actinopterygii
  • Order: Cypriniformes
  • Family: Cyprinidae
  • Genus dan spesies: Garra rufa
  • Nama dagang: Doctor Fish

Manfaat Ikan Garra Rufa

Ikan Garra rufa memiliki manfaat untuk kesehatan manusia yaitu untuk membersihkan kulit mati (Takao 2014). Ikan ini bekerja dengan cara menggigit daerah kulit yang rusak. Menurut penelitian Takao (2014) pengobatan dengan ikan Garra rufa begitu signifikan. Saat membersihkan kulit mati ikan tersebut juga mengeluarkan enzim unik yang disebut ditranol. Fungsi enzim tersebut diantaranya dapat menghambat pertumbuhan kulit yang terlalu cepat, meningkatkan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi dan mengaburkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus dan bersih. Terapi ikan ini biasanya banyak digunakan pada klien dengan penyakit kulit terutama klien yang menderita psoriasis dan dermatitis.

Prosedur Terapi Ikan 

Saat melakukan terapi ikan, seseorang harus membilas kakinya pada air hangat terlebih dahulu. Kemudian masukkan kaki yang sudah dicuci pada kolam. Ikan akan mengerubungi kaki dan mulai memakan sel kulit mati di area kaki, tumit, dan telapak kaki.

Setelah itu, kaki diangkat dari kolam dan dikeringkan dengan handuk. Proses selanjutnya sisa kulit mati akan diangkat via proses pedicure dan memotong kuku.

Kontroversi Soal Terapi Ikan

Terapi ikan bagi kesehatan ini mengundang sejumlah kontroversi bahkan dianggap berisiko dan tidak aman. Beberapa hal yang sering menjadi pertimbangan, yaitu:

  1. Tidak mudah untuk membersihkan kolam tersebut karena prosedur yang merepotkan. Hal ini mengakibatkan air yang jarang diganti sehingga kotor. Ikan juga tidak dapat dibersihkan sehingga berpotensi membawa kuman.
  2. Beberapa spesies Garra rufa dapat tertukar dengan jenis ikan lain, salah satunya Chinchin yang dapat menumbuhkan gigi dan menggigit. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit dan meningkatkan potensi infeksi.
  3. Banyak pemberitaan bahwa orang yang usai melakukan terapi ikan mengalami penyakit kulit akibat infeksi bakteri staphylococcus.
  4. Onychomadesis dapat terjadi setelah melakukan terapi ikan. Kondisi ini ditandai dengan kuku jempol kaki menghitam dan copot dari kaki akibat trauma.
  5. Terdapat 1 kasus mycobacteriosis, sebuah infeksi bakteri dimana adanya plak di kulit.
  6. Peluang kecil dapat tertularnya penyakit yang menular lewat darah jika seseorang memiliki luka menjalankan terapi ikan. Beberapa penyakit yang kemungkinan dapat ditularkan antara lain seperti HIV dan AIDS.

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/hal-yang-perlu-dipahami-seputar-terapi-ikan-bagi-kesehatan

Demikian artikel mengenai Mengenal Garra Rufa Si Dokter Ikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semuanya.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.