TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Lebih Dekat Buah Mengkudu

 MlatenMania.com - Mengkudu (Morinda Citrifolia L.) adalah salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Salah satu manfaat dari buah Mengkudu adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, menurunkan glukosa darah, dan sebagai anti bakteri.

Mengenal Lebih Dekat Buah Mengkudu
Mengkudu

Buah Menkudu dibedakan menjadi beberapa tingkat kematangan yang dipresentasikan dari sisi warna dan tekstur. Tingkat kematangan buah diklasifikasi berguna untuk mengetahui ketepatan buah mengkudu yang layak ekspor dan layak konsumsi, dimana dengan ini akan menghemat waktu yang digunakan. Walaupun memiliki beribu khasiat, hanya sebagian kecil dari masyarakat yang memanfaatkan mengkudu. Penyebab kurangnya peminat mengkudu secara langsung adalah dikarenakan bau mengkudu yang tidak sedap. Penyebab bau busuk pada buah mengkudu adalah kandungan asam decanoic. 

Klasifikasi Tanaman Mengkudu

  • Filum : Angiospermae
  • Subfilum : Decotyledonae
  • Divisi : Lignosae
  • Famili : Rubiaceae
  • Genus : Morinda
  • Spesies : Morinda Citrifolia

Asal dan Distribusi Tanaman Mengkudu

Tanaman Mengkudu ini diyakini berasal dari Asia Tengara, Australia Tropis dan Oceania, membentang dari Polinesia ke India. Tanaman mengkudu ini sekarang tumbuh di seluruh daerah tropis dan dibudayakan pada skala komersial di Amerika Latin, dari Meksiko ke Colombia dan Venezuela dan juga termasuk Costa Rika, Panama, Kenya, Florida dan India Barat. Tanaman mengkudu ini tumbuh liar di India, di daerah pesisir Kerala, Karnataka, Tamil Nadu dan Orissa.

Deskripsi Botani Tanaman Mengkudu

Nama genus tanaman mengkudu yaitu Morinda berasal dari dua kata bahasa Latin yaitu Morus yang berarti Mullberry dan Indicus yang berarti India, yang dimana ini mengacu pada persamaan tanaman mengkudu dengan murberi asli (Morus alba). Sedangkan nama spesies tanaman mengkudu itu sendiri menunjukkan kemiripan dedaunan tanaman dengan sepsies jeruk. Mengkudu merupakan pohon cemara atau semak yang tumbuh hingga ketinggian 3-6 m. Daunnya bersilang dengan ujung yang tegak lurus dan berkilau. Bilahnya merupakan membran berbentuk bulat panjang atau elips (bulat seperti telur) yang panjangnya 20-45 cm. Pada panjang 7-25 cm lembut dan degan vena yang menonjol. Tangkai daun gemuk dan memiliki panjang 1,5-2 cm.

Bentuk bunga sempurna; berbentuk corong, dikelompokkan dalam kepala bulat atau dalam kelompok kecil. Mahkota bunga berwarna putih, 5 cuping dengan tabung corola berwarna putih kehijauan dengan panjang 7-9 mm. Bunga dari tanaman mengkudu memberikan aroma yang manis. Tanaman mengkudu ini berbuah beberapa kali setiap tahun dan menghasilkan banyak buah agregat, yang dimana panjangnya mencapai 5-7 cm dengan ada tanda melingkar, berwarana hijau ketika mentah dan berwarna putih kekuningan ketika sudah matang. Buahnya memiliki daging yang lembut, berair dan beraroma keju yang semakin terasa dan menyengat selama proses pematangan.

Kandungan Senyawa Kimia Tanaman Mengkudu

Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L.) mengandung scopoletin, sebagai analgesik, antiradang dan antibakteri. Glikosida, sebagai antibakteri, antikanker dan imunostimultan. Alizarin, Acubin, L. Asperuloside dan flavonoid sebagai antibakteri.

Tanaman mengkudu mengandung sprktrum zat gizi, antioksidan, dan antiinflamasi, anti-neoplastik, antiparasit, penenang dan imun modulasi yang luas. Tanaman mengkudu memiliki lebih dari 160 fitokimia, termasuk senyawa fenolik, asam organik, dan alkaloid.

Demikian artikel mengenai Mengenal Lebih Dekat Buah Mengkudu, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih atas kunjungangan Anda.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.