TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mari Mengenal Blog

 MlatenMania.com - Blog adalah singkatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah pengguna, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.

Mari Mengenal Blog

Blog sering diartikan akronim weblog, meminjam definisi dari wikipedia, Blog didefinisikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut.

Dalam definisi yang lebih formal, blog adalah website yang mengandung isi dalam urutan waktu terbalikn dan terdiri atas posting-posting. Posting terdahulu akan ditampilkan terlebih dahulu, Baru kemudian posting yang lama.

Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet. Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula meng-upload file. sehingga pengunjung dapat men-download file yang kita masukkan.

Berbagai penyedia layanan blog diantaranya adalah blogger.com dan wordpress.com.

Sebelum sepopuler saat ini, blog hanya digunakan sebagai buku harian online. saat ini ketika blog mulai merajalela blog tidak hanya menuliskan curahan hati dan pengalaman mereka sehari-hari. berbagai topik keilmuan mulai memasuki blog. mulai dari sastra teknik hingga musik. jika kita dahulu sangat sulit mencari materi bahasa indonesia dengan berkembangnya blog saat ini kita lebih mudah mencarinya. bahkan saat ini terdapat buku yang bisa diambil dari sebuah blog.

Biasanya suatu halaman blog terdiri dari sebuah bagian posting dan sidebar. Posting berisi tulisan-tulisan dengan judul dan penjelasan serta komentar diakhirn tulisan. Bagian posting merupakan bagian yang terbesar dalam suatu halaman blog. Di samping bagian posting terdapat sidebar yang bisa kita isi sesuai dengan keperluan dan keinginan kita sendiri. sidebar bisa kita ini dengan gambar, video, tulisan, link, ataupun kode html. Dengan adanya sedebar kita bisa menambahkan berbagai pelengkap untuk memperindah blog yang tidak disediakan oleh situs penyedia blog itu sendiri. Dengan memanfaatkan layanan diluar penyedia blog kita dapat menambahkan bagian blog, cukup dengan meng-copy paste HTML code.

Sejarah Perkembangan Blog

Jhon barger adalah yang pertama kali memperkenalkan nama blog pada tahun 1997. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara kontinyu dan berisi link-link website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Sedangkan situs pitas (www.pitas.com) adalah situs yang pertama kali menciptakan layanan blog online dan gratis pada bulan juli 1999. satu bulan kemudian, yaitu bulan agustus 1999, sebuah perusahaan disanfransisco bernama pyra laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) yang hingga saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada di-internet. Layanan tersebut memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar html dan pemrograman web, dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis.

Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. menurut statistik yang dikeluarkan oleh situs blogger.com tersebut, jumlah pengguna yang memakai layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20-40% per bulan. Setelah blogger.com dan pitas berkembang cukup pesat, muncul berbabagi layanan pembuat blog online yang diberikan pula oleh beberapa situs, seperti Groukoup (www.grouksoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, blog kian hari kian bertambah dengan pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya.

Jenis-Jenis Blog

Sejak diketemukanya blog sampai sekarang, jenis blog terus berkembang, yang semula hanya bersifat pribadi kini menjadi lebih beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak blog yang berada di internet:

  • Blog politik : blog yang berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda.
  • Blog Pribadi : Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog
  • Blog bertopik : blog yang dikususkan membahas tentang topik tertentu, misalnya membahas tentang potografi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain.
  • Blog kesehatan : blog yang membahas tentang informasi kesehatan.
  • Blog sastra : blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni , baik yang bertsifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
  • Blog perjalanan atau Traveling : blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi para pehobi traveling.
  • Blog riset atau penelitian : Blog yang berisi jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah.
  • Blog Hukum
  • Blog media : blog tentang informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak maupun elektronik, misalnya http://blog.liputan6.com
  • Blog agama : blog yang berisi tentang artikel-artikel keagamaan.
  • Blog pendidikan : blog yang berisi tentang opini tentang kependidikan, atau blog milik institusi pendidikan.
  • Blog Petunjuk (direktory).
  • Blog bisnis : blog yang memuat informasi dan referensi tentang bisnis online maupun online, informasi tentang peluang usaha dan hal berbau bisnis, http://onlinebisnis.web.id, http://corsaar.com
  • Blog penganggu (spam).

Ada beberapa keunggulan blog dibanding saluran komunikasi lainnya menurut Muhammad Adri (2008: 29-30) adalah sebagai berikut. 

  1. Publishable. Anda dapat langsung memposting berita dengan murah, mudah dan dapat dibaca dimanapun. 
  2. Findable. Mudah ditemukan lewat situs pencari berdasarkan subyek, nama penulis atau keduanya. Semakin tambun suatu blog, biasanya semakin digemari. 
  3. Social. Percakapan yang menarik berdasarkan topik beralih dari satu situs ke situs web, nge-link dari link ke link lain. Melalui blog, mereka yang memiliki minat yang sama dapat membangun network atau berita lintas geografi. 
  4. Viral. Informasi menyebar lebih cepat melalui blog dibanding news service. Saat ini, tidak ada viralmarketing yang dapat menyetarakan kecepatan dan efisiensi sebuah blog
  5. Syndicatable. Konten yang kaya mudah disindikasikan oleh siapa saja. Dengan blog ribuan informasi yang tersebar dapat dengan mudah diperoleh. 
  6. Linkable. Setiap blog nge-link ke yang lain, memiliki akses ke puluhan juta orang yang mengunjungi blogsphere setiap hari yang bercirikan komunikasi internet dua arah. 

Demikian artikel mengenai Mari Mengenal Blog, mudah-mudahan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.