TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Cara Menyisipkan Qur'an Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word 2019

 Jika Anda sedang mencari informasi mengenai Cara Menyisipkan Quran Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word, mungkin artikel ini bisa menjadi jawabannya, karena sesuai dengan judul artikel ini, pada kesempatan ini Saya akan memberikan tutorial mengenai hal tersebut.

Untuk dapat menambahkan Surat-Surat Al-Qur'an Ke Dalam Lembar Kerja Word, kita membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa di aplikasi Ms. Word tidak ada fasilitas/fitur untuk melakukannya.

Cara Menyisipkan Qur'an Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word 2019

Aplikasi/software yang bisa kita manfaatkan/gunakan untuk menambahkan/menyisipkan Qur'an Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word adalah Quran Kemenag In Word, dan yang akan Saya bahas sekaligus Saya bagikan pada kesempatan ini adalah versi 3, dan berikut merupakan pembahasan lengkapnya:

Tentang Aplikasi Quran Kemenag In Word

Qur’an in Microsoft Word merupakan program berupa add-in Microsodt Word, pertama kali dikembangkan oleh Mohamad Taufiq sejak tahun 2005 untuk memenuhi kebutuhan umat terhadap pengutipan ayat Al-Qur’an secara benar dan mudah. Pada perkembangan selanjutnya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) (https://lajnah.kemenag.go.id) sebagai satuan kerja di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, yang secara khusus bertugas menjaga kesahihan Al-Quran di Indonesia bekerjasama dengan Mohamad Taufiq untuk menambah beberapa fasilitas seperti Tafsir Tahlili, Tafsir Ringkas, Terjemahan edisi 2002 dan Font Mushaf Standar Indonesia, dengan tetap mempertahankan konten yang ada berupa Terjemahan Bahasa Inggris. Adapun syarat utama yang harus dipenuhi untuk menginstall program ini adalah Microsoft Word 2010, 2013, dan 2016. Dalam pengembangan terakhir ini tersedia fasilitas-fasilitas baru sesuai permintaan pengguna, diantaranya adalah pencarian kata dalam Bahasa Arab. Qur’an Kemenag In MS. Word dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dunia akademis dan masyarakat umum dalam mengakses produk-produk LPMQ dengan mudah dan benar.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) adalah satuan kerja (satker) yang berada di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yang bertugas untuk menyelenggarakan pentashihan, pengkajian dan penerbitan Al-Qur’an. Di samping itu, Lajnah juga diserahi tugas untuk mengelola Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal. Lembaga ini baru berdiri pada tahun 2007, namun secara fungsi, lembaga ini sudah ada sejak tahun 1957, khususnya untuk pentashihan (pemeriksaan atau pengoreksian) mushaf Al-Qur’an yang akan diterbitkan di Indonesia. Kurun waktu 1957 hingga 2006, Lajnah belum berbentuk sebuah lembaga tersendiri, tetapi masih berupa kepanitaanadhoc yang berada di bawah Puslitbang Lektur Keagamaan. Selama itu juga, Lajnah dipimpin oleh seorang ketua yang secara ex officio dijabat oleh Kepala Puslitbang Lektur Keagamaan.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 3 tahun 2007, maka tugas dan fungsi Lajnah dikembangkan menjadi tiga bagian besar. 1) Pentashihan yang meliputi pentashihan, pembinaan, dan pengawasan terhadap produk-produk penerbitan mushaf Al-Qur’an, baik cetak maupun elektronik atau digital. 2) Pengkajian yang meliputi kegiatan pengkajian Al-Qur’an, pengembangan, penerbitan mushaf, terjemah, dan tafsir Al-Qur’an, serta melakukan sosialisasi terhadap hasil pengkajian Al-Qur’an tersebut. 3) Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi yang meliputi kegiatan pengelolaan pameran Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, pemeliharaan naskah mushaf, terjemah, dan tafsir Al-Qur’an, serta benda-benda keislaman lainnya, dan pelayanan dokumen dan kepustakaan. Di samping itu, juga terdapat kelompok fungsional peneliti yang melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Saat ini Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an berkantor di Gedung Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal yang berada di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Cara Menggunakan Quran Kemenag In Word

Untuk bisa menggunakan Quran Kemenag In Word ini pastinya kita harus memiliki file master (installer) aplikasinya. Dan setelah kita mengunduh/download, kita install terlebih dulu. Langkah-langkah ataupun cara untuk meng-install aplikasi Quran Kemenag In Word ini tidak akan Saya bahas disini, karena langkah-langkah atau caranya sangatlah mudah.

Pada kesempatan ini yang akan Saya bahas adalah mengenai Cara Menggunakan Quran Kemenag In Word ini, dan berikut merupakan pembahasannya:

  • Setelah ter-install, kita buka aplikasi Ms. Word kita, dan disini yang Saya gunakan adalah Ms. Word 2019, sekarang di Menu Ribbon Ms. Word sudah terdapat menu baru, yaitu Qur'an Kemenag seperti pada gambar di bawah ini:
Cara Menyisipkan Qur'an Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word 2019

  • Untuk menyisipkan Qur'an Surat ke dalam lembar kerja Ms. Word, kita menu Qur'an Kemenag tersebut, kemudian pilih Surat dan ayat, lanjutkan dengan memilih pada pilihan opsi dari ketiga pilihan/opsi (ayat Al-Qur'an, Isyarat Metode Kitabah dan Terjemahan) mana yang akan kita sisipkan ke dalam lembar kerja nantinya. Jika sudah, silahkan klik pada tombol tampilkan, silahkan perhatikan gambar di bawah ini:
Cara Menyisipkan Qur'an Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word 2019

Download Quran Kemenag In Word

Bagi Anda yang ingin mengunduh/download aplikasi Quran Kemenag In Word ini, bisa mengunduhnya melalui tombol download yang sudah Saya sediakan di akhir artikel ini. Silahkan pilih yang sesuai dengan Sistem Operasi Windows yang Anda gunakan (32 bit atau 64 bit).

Demikian artikel mengenai Cara Menyisipkan Qur'an Surat Ke Dalam Lembar Kerja Ms. Word 2019, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

Download Qur'an Kemenag In Word

32 bit 64 bit

Catatan:
Aplikasi ini kompatibel dengan Ms. Word di bawah versi 2019 

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.