TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word

MlatenMania.com - Jika membahas aplikasi Ms. Word atau yang sering kita sebut dengan Word saja, pastinya tidak akan ada habisnya. Mulai dari sejarahnya, fiturnya, fungsi ataupun kegunaannya dan yang lainnya. Pada kesempatan ini Saya akan membahas sedikit mengenai cara penggunaan aplikasi Word ini, dan sesuai dengan judul artikel ini, yang akan Saya bahas adalah mengenai cara membuat halaman daftar isi.

Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word


Halaman daftar isi
 ini pastinya sering kita lihat pada dokumen seperti karya tulis, makalah, proposal dan lain sebagainya. Dan pastinya sebagai aplikasi yang memang dirancang secara khusus untuk mengolah kata, Ms. Word bisa kita manfaatkan untuk melakukannya.

Untuk membuat sebuah halaman daftar isi di Word, kemungkinan banyak dari kita yang berbeda dalam melakukannya. Dan salah satu cara dalam membuat halaman daftar isi di lembar kerja Word adalah seperti berikut ini:

Membuat Halaman Daftar Isi Di Word

Seperti yang sudah Saya jelaskan di atas, dalam menggunakan aplikasi Word pastinya banyak perbedaan dari satu orang dengan orang yang lain, dan salah satu cara untuk membuat halaman daftar isi di Word versi Saya bisa Sobat Blogger simak di bawah ini:

1. Buka aplikasi Word;

2. Buat sebuah tanda tabulasi seperti pada gambar di bawah ini:

Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word

Seperti yang Sobat Blogger pada gambar di atas terdapat dua buah tanda tabulasi, dimana masing-masing tanda tabulasi tersebut memiliki fungsi masing-masing

  • Tanda tabulasi pertama, digunakan tempat (batas) berhentinya teks/karakter yang biasa diisi dengan tanda titik-titik; dan
  • Tanda tabulasi yang kedua, digunakan untuk menuliskan nomor halaman dari judul maupun sub judul halaman.

3. Selanjutnya kita membuat tanda titik-titik yang biasa ada pada halaman daftar isi, dan seperti yang sudah Saya jelaskan di atas, untuk batas tanda titik-titik tersebut Saya tentukan berhenti di tanda tabulasi yang pertama. Maka yang harus kita lakukan adalah klik dua kali double click pada tanda tabulasi pertama;

4. Secara otomatis akan terbuka jendela baru yang bernama jendela Tabs, kemudian yang harus kita lakukan di jendela Tabs tersebut adalah memilih jenis tanda yang akan kita gunakan, dan seperti yang sudah Saya jelaskan disini Saya akan menggunakan tanda titik-titik, maka klik pada pilihan nomor dua pada pilihan Leader seperti pada gambar di bawah ini:

Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word

5. Akhiri dengan klik tombol OK;

6. Berikutnya adalah kita tuliskan judul dan juga sub judul sesuai dengan yang kita butuhkan. Kemudian tekan tombol Tabs pada keyboard setelah kita selesai menuliskan judul maupun sub judul, maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:

Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word

7. Tekan tombol Tabs pada keyboard lagi dan tuliskan angka halaman dimana judul ataupun sub judul yang dimaksud, sehingga seperti pada gambar di bawah ini:

Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word

8. Lanjutkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara di atas merupakan cara membuat halaman daftar isi di Word yang Saya gunakan, kerena dengan menggunakan cara di atas, menurut Saya menjadikan tampilan dari halaman daftar isi yang kita buat menjadi lebih rapih.

Demikian pembahasan mengenai Salah Satu Cara Membuat Halaman Daftar Isi Di Word, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih dan selamat mencoba.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.