TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10

 Pada saat kita menggunakan PC, Laptop ataupun Smartphone pastinya kita melihat berbagai macam jenis file yang berbeda ekstensi. Ekstensi file sendiri berfungsi sebagai identitas dari sebuah file yang terletak di akhir nama sebuah file. Selian itu juga untuk memudahkan pengguna (user) mengetahui aplikasi atau program apa yang digunakan untuk membuka file tersebut.

Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10

Apa Itu Ekstensi File

Ekstensi adalah penanda file yang terletak diakhir nama file, dan pada umumnya ekstensi diawali dengan tanda titik (".") dan diikuti dengan 3 (tiga) sampai 4 (empat) huruf penanda ekstensi. Setiap tipe file membutuhkan program atau aplikasi yang berbeda dalam pengelolaannya.

Jadi, fungsi utama ektensi adalah sebagai penanda, identitas atau pengenal agar sistem bisa mengelompokkan dan mengelola file dengan benar. Sebagai contoh, file yang sering kita gunakan adalah file dokumen dengan ekstensi *.docx, *.xlsx, *.pptx, dan *.pdf, dari keempat contoh ekstensi file tersebut aplikasi ataupun program yang digunakan untuk membukanya berbeda.

Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10

Pada saat kita menggunakan sebuah PC atau Laptop yang menggunakan Sistem Operasi Windows 10, secara default kita tidak bisa melihat ekstensi dari file-file yang ada didalamnya. Namun, kita masih bisa membedakannya dengan sebuah icon yang muncul dari masing-masing file tersebut. Icon yang muncul pada setiap file yang ada di Sistem Operasi Windows 10 mengikuti program atau aplikasi apa yang menjadi default untuk membuka file tersebut, jadi meskipun memiliki ekstensi file yang sama bisa berbeda icon antara PC A dengan PC yang lainnya. Contoh, pada PC satu terdapat file dengan ekstensi *.docx dan aplikasi atau program yang digunakan sebagai aplikasi default untuk membukanya adalah aplikasi WPS Office, sedangkan di PC B menggunakan program atau aplikasi default-nya adalah Ms. Office 2019 maka icon yang tampil di PC A  berbeda dengan icon yang tampil di PC B.

Dan agar kita bisa melihat ekstensi dari sebuah file di Sistem Operasi Windows 10, berikut merupakan cara ataupun langkah-langkahnya:

  • Klik pada icon File Explorer yang ada di Taskbar:
Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10
  • Klik pada Menu View kemudian klik pada tombol Options:
Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10

  • Maka akan muncul jendela Folder Options, kemudian di dalam jendela Folder Options tersebut klik pada tab View dan hilangkan tanda centang pada pilihan Hide extentions for known file types dan akhiri dengan klik OK:
Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10


Dengan demikian kini akan muncul ekstensi di masing-masing file yang ada di dalam PC kita.

Mungkin hanya itu saja artikel mengenai Cara Menampilkan Ekstensi File Di Windows 10, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.