TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Belajar VBA Excel : Mengenal Macro Excel Dan VBA

 Microsoft Excel atau yang sering kita sebut dengan Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak (software) pengolah data yang berbentuk lembaran tabel yang tersebar (Spreadsheet). Ms. Excel ini merupakan bagian dari paket perangkat lunak (software) Microsoft Office yang di dalamnya terdapat banyak perangkat lunak (software) untuk keperluan perkantoran, misalnya : Ms. Word (pengolah kata), Ms. Powerpoint (untuk presentasi) dan Ms. Access (untuk basis data/database).

Belajar VBA Excel : Mengenal Macro Excel Dan VBA

Ms. Excel sendiri digunakan untuk mengolah berbagai jenis tipe data misalnya nilai pelajaran siswa yang berarti jenis datanya numerik, data nama anggota dan nomor handphone yang berarti datanya teks dan lain-lain. Selain bisa digunakan untuk mencatat dan menyimpan data-data tersebut, Excel juga mampu melakukan perhitungan penjumlahan, perkalian, fungsi-fungsi logika, perhitungan rata-rata bahkan sampaik membuat grafik.

Selain dapat digunakan untuk hal-hal seperti yang tertulis di atas, pada aplikasi Ms. Excel ini juga terdapat sebuah fungsi pemprograman dasar yaitu Macro dan VBA. Berikut merupakan pembahasan mengenai apa itu Macro dan VBA.

Apa Itu Macro 

Macro adalah perintah yang berurutan yang dimana komputer akan mengerjakan perintah yang dijalankan, dengan macro dapat memudahkan dan memanggil secara otomatis perintah yang berulang-ulang. Umumnya ada 2 (dua) cara untuk membuat macro, yaitu dengan memasukkan perintah VBA atau membiarkan Excel menuliskan macro. Dan fungsi macro ini di dalam Excel dikenal sebagai User Defined Function (UDF).

Apa Itu VBA

VBA (Visual Basic for Aplication) adalah bahasa pemprograman dan pengembangan yang dibuat oleh Microsoft ini adalah perpanjangan dari bahasa pemprogaman basic yang menggabungkan fungsi basic dan perintal kontrol visual. VBA sangat berbeda dengan Macro, dalam setiap lembar kerja elektronik disediakan macro yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah rutin yang sering diulang-ulang sedangkan VBA dipergunakan untuk mengontrol objek-objek yang terdapat di dalamnya.

Jadi VBA (Visual Basic for Aplication) adalah bahasa pemprograman yang cukup populer dan mudah untuk dipelajari. Dengan VBA kita dapat mengembangkan prosedur kecil (macro) yang sering digunakan menjadi lebih mudah dan membuat suatu latihan dalam waktu lebih singkat. VBA tidak hanya terdapat pada Ms. Excel saja, tetapi terdapat pula di Ms. Word, Ms. Powerpoint dan juga Ms. Access dan semuanya itu berbeda jauh satu sama lain.

Seperti yang sudah Saya bahas dibeberapa artikel di blog ini, untuk menggunakan fitur VBA di aplikasi Ms. Excel kita bisa memanggilnya melalui Tab Menu Developer, atau juga dengan cara menggunakan Shortcut pada Keyboard yaitu kombinasi tombol Alt+F11.

Demikian pembahasan singkat mengenai Macro VBA Excel, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.