TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Pengenalan Dasar-Dasar Kumputer

 MlatenMania.com - Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Pada awalnya kata komputer digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu. Kemudian seiring perkembangan jaman, banyak orang yang beranggapan bahawa kumputer hanyalah benda yang benar-benar bernama komputer seperti yang kita kenal untuk saat ini, padahal sebuah kalkulator pun juga termasuk komputer.

Pengenalan Dasar-Dasar Kumputer

Dan pada artikel ini yang akan Saya bahas adalah komputer yang banyak dikenal oleh kebanyakan orang pada saat ini, dan berikut merupakan pembahasan lengkapnya:

Pengertian Komputer

Secara umum komputer didefinisikan sebagai rangkaian elektornik yang menerima input dan kemudian mengolah data tersebut dan akhirnya memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatu program tersimpan di memori komputer. Selain itu juga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang bekerja secara otomatis, sehingga akan mempemudah pekerjaan manusia. Dan komputer adalah merupakan alat informasi, komunikasi dan hiburan.

Menurut KBBI komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data, seperti angka, suara dan gambar.

Elemen-Elemen Komputer

Komputer terdiri dari 3 (tiga) komponen utama, yaitu:

a. Perangkat Keras (Hardware)

Secara umum hardware dapat diartikan sebuah kumpulan perangkat keras yang ada di dalam komputer yang bisa dilihat dan disecara langsung. Hardware sendiri terbagi lagi menjadi beberapa komponen utama, yaitu:

  • Central Processing Unit (CPU) - CPU merupakan tempat pemprosesan instruksi-instruksi program (disebut juga dengan microprocessor);
  • Input Device - Merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukkan dan disebut juga dengan istilah input unit. Beberapa perangkat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus, dan alat seperti itu disebut dengan terminal. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (direct input) dan tidak langsung (indirect input).
Contoh perangkat input langsung : keyboard, mouse, dan scanner.
Contoh perangkat input tidak langsung : key to tape dan key to disk.
  • Output Device - Merupakan perangkat yang berfungsi mengolah hasil keluaran dari suatu proses, baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah. 
Contoh Output Device : Printer dan Speaker

b. Perangkat Lunak (Software)

Merupakan data yang telah diprogram secara digital dimana tidak bisa dilihat dan disentuh secara langsung, software juga mampu mengendalikan atau mengontrol perangkat keras (hardware) ketika menjalankan suatu perintah atau proses. Software dibagi menjadi 2 (dua), yaitu: 

  • Software Sistem Operasi (Operating System), adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer. Fungsi sistem operasi antara lain sebagai manajemen disk dan file, manajemen prosesor, manajemen memory, kontrol tampilan dan suara dan sebagainya. Contoh : Windows 10 dan lain sebagainya.
  • Software Program Aplikasi, Program aplikasi atau biasa disebut aplikasi, merupakan program yang berjalan pada sistem operasi dan dibuat untuk membantu user mengerjakan sesuatu dalam meningkatkan produktivitasnya. Contoh : Ms. Office (Word, excel, Powerpoint) dan lain sebagainya.

c. Brainware

Brainware merupakan bagian penting dari sebuah sistem komputasi. Hardware tidak dapat bekerja tanpa software, sedangkan hardware dan software tidak dapat bekerja tanpa brainware. Brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini otak manusia) yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software yang ada.

Demikian artikel mengenai Pengenalan Dasar-Dasar Kumputer, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih dan selamat belajar.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.