TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Pengetahuan Tentang Garnisun

MlatenMania.com - Pastinya banyak dari kita yang belum tahu apa itu Garnisun, terlebih bagi kita yang tidak memiliki kaitan dengan dunia militer, ya dunia militer. Pada kesempatan ini Saya akan memberikan sedikut informasi mengenai dunia militer, dan seperti judul artikel ini yang akan Saya bahas adalah mengenai Garnisun.

Pengetahuan Tentang Garnisun

Apa Itu Garnisun?

Garnisun sendiri berasal dari bahasa Perancis "Garnison", dari kata dasar "Garnir" yang berarti melengkapi. Adalah sebutan untuk kelompok pasukan yang bertempat disuatu lokasi, dan bertujuan untuk mengamankannya. Garnisun dapat bertempat di suatu kota, kota madya, benteng, kastel, kapal dan lain sebagainya.

Garnisun Di Indonesia

Di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), "Garnisun" merupakan unit tentara yang bertugas untuk menyelenggarakan fungsi-fungsi penegakkan hukum, tata tertib, dan disiplin terhadap militer pada suatu kota atau wilayah. Selain menyelenggarakan fungsi-fungsi penegakkan hukum dan tata tertib militer, mereka juga menyelenggarakan fungsi-fungsi protokoler kenegaraan yang bertempat di wilayah tersebut, seperti mengatur jalannya upacara-upcara kenegaraan resmi yang melibatkan pasukan kehormatan militer yang dihadiri oleh pemimpin negara dan pemakaman kemiliteran. Anggota Garnisun biasanya terdiri dari anggota-anggota Polisi Militer, tentara (AD, AL, dan AU) serta PNS (Pegawai Negeri Sipil). Di Indonesia terdapat 3 (tiga) satuan Garnisun, yaitu:

  1. Komando Garnisun Tetap I/Jakarta (Kogartap I/Jakarta);
  2. Komando Garnisun Tetap II/Bandung (Kogartap II/Bandung); dan
  3. Komando Garnisun Tetap III/Surabaya (Kogartap III/Surabaya).
Komando Garnisun Tetap (Kogartap) adalah Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI yang mempunyai tugas memelihara dan menegakkan ketentuan-ketenuan pokok kemiliteran untuk meningkatkan soliditas persatuan dan kesatuan antar satuan di wilayah Garnisun sehingga tercipta kondisi tertib hukum, disiplin dan tata tertib.

Dari ketiga satuan Kogartap di atas, yang menonjol adalah Kogartap I/Jakarta. Dikarenakan Kogartap I/Jakarta terletak di Ibu kota Indonesia (Jakarta), dan salah satu tugas pokok dalam bidang protokoler adalah menjadi bagian dari salah satu panitia Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (17san), yaitu sebagai satuan yang bertanggung jawab dalam melatih Paskibraka, menyeleksi Komandan Paskibraka dan Menyeleksi Komandan Upacara. Selain itu juga Kepala Staf (Kaskogartap I) bertindak sebagai Perwira Upacaranya.

Fungsi Kogartap

  • Menyerlenggarakan dinas kegarnisunan meliputi dinas jaga, dinas keamanan, dinas patroli, dinas protokoler, dinas pemakaman dan dinas komisi Garnisun;
  • Penyelenggaraan penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib TNI dan melaksanakan tindakan penyelidikan khusus dalam perkara pidana yang melibatkan tersangka anggota TNI dari 2 (dua) matra atau lebih;
  • Pengawasan pelaksanaan pemeliharaan pemantapan ketertiban di wilayahnya; dan
  • Penyelenggaraan pergeseran pasukan dan pengawasan anggota TNI di wilayahnya.

Unsur Pimpinan Kogartap

Kogartap dipimpinan oleh Komandan Komando Garnisun Tetap (Dankogartap) yang dijabat rangkap oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) di wilayahnya, Dankogartap dibantu oleh Kepala Staf Kogartap (Kaskogartap) yang dijabat oleh seorang Perwira Tinggi (Pati) berpangkat bintang satu (Brigjen).

Demikian artikel mengenai Pengetahuan Tentang Garnisun, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.