TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mari Mengenal Microsoft Office

 Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah Sistem Operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah; Excel, Word, Powerpoint dan Access. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0 dan Micorsoft Powerpoint untuk Windows 2.0.

Mari Menganal Microsoft Office


Perkembangan Microsoft Office

1. Microsoft Office 98 (Office 8.0)

Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap Command Bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 98 juga memiliki fitur Natural Language System dan Shopisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.

2. Microsoft Office 2003 (Office 11.0)

Versi ini dirilis pada tahun 2003 (sesuai namanya). Dengan fitur logo baru, dua aplikasi baru juga ada, yaitu Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos Authentication, RPC Over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaringan junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia pada masanya sampai dengan tahun 2009.

3. Microsoft Office 2007 (Office 12.0)

Versi ini dirilis pada tahun 2007. Memiliki fitur baru, yaitu Groove, Office 2007 memiliki desain tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk bisa meng-install-nya membutuhkan minimal Windows XP SP2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai dan mulai menggeser kedudukan Office 2003.

Pada versi sebelumnya Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, pada Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu file pada sebelumnya kini hadir dengan sebuah icon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas. Ketika pengguna (user) mengklik icon tersebut akan tampil pilihan-pilihan seperti New, Open, Convert, Save, Save As dan lain-lain. Perubahan Menu ini berlaku untuk semua keluarga Microsoft Office 2007.

4. Microsoft Office 2010 (Office 14.0)

Aplikasi yang diberi nama Office 14, atau yang terkenal dengan Office 2010 ini memang telah dipersiapkan oleh Microsoft dengan matang untuk menjadi jagoan baru Microsoft Office. Office 2010 ini pertama kali diluncurkan dalam versi beta di tahun 2009. Kemudian versi lengkapnya diluncurkan pada pertengahan tahun 2010.

5. Microsoft Office 2013 (Office 15)

Versi ini merupakan versi penerus dari Office 2010, pada versi ini menyediakan dukungan format file diperluas, antarmuka pengguna yang diperbarui dan dukungan untuk menyentuh semua fitur-fitur baru. Pengembangan versi 2013 ini dimulai pada tahun 2010 dan selesai pada Oktober 2012 ketika Microsoft Office 2013 dirilis untuk diproduksi. Pada versi ini disediakan fitur baru seperti dukungan intgrasi untuk servis online (termasuk OneDrive, Outlook.com, Skype, Yammer dan Flickr), dukungan format yang ditingkatkan untuk Office Open XML, OpenDocument dan Portable Documen Format (PDF) dan mendukung multi sentuh antarmuka.

Microsoft Office 2013 dirilis dalam 12 edisi berbeda, termasuk 3 edisi toko-toko retail, 2 edisi untuk  channel volume perizinan, 5 subskipsi yang didasarkan pada edisi yang tersedia lewat Microsoft 365, edisi web aplikasi yang dikenal sebagai Office Web Apps dan edisi Office RT yang dibuat untuk Tablet dan perangkat mobile

Aplikasi Microsoft Office 2013 mungkin bisa didapatkan secara individual, terdiri atas Microsoft Visio, Microsoft Project dan Microsoft SharePoint Designer yang ketiga-tiganya tidak termasuk ke dalam 12 edisi yang ada.

6. Microsoft Office 2016 (Office 16)

Pada versi ini Microsoft menghadirkan fokus yang berbeda dengan versi sebelumnya (Office 2013), berbekal beberapa perbedaan, Microsoft menawakan kemudahan dari sisi yang juga berbeda pada versi 2016 ini. Salah satu perbedaan yang diusungnya adalah ketiadaan batasan pengguna software, yang sebelumnya hanya dapat digunakan pada komputer PC. Pada Office 2016 ini Microsoft menawarkan kemudahan mengaplikasikan dan menggunakan fitur Office pada perangkat mobile kita.

Berbeda dengan Office 2013 yang lebih terfokus pada penyimpanan dokumen di cloud dan memperkenalkan beberapa peningkatan fitur sentuh, Office 2016 dirancang untuk menghadirkan kemudahan berbagi dokumen diseluruh perangkat. Office 2016 juga mengusung pemanfaatan cloud sepenuhnya.

7. Microsoft Office 2019

Microsoft Office 2019 merupakan versi Microsoft Office saat ini (terbaru), menggantikan Microsoft Office 2016. Versi ini dirilis untuk Windows 10 dan MacOS pada 24 September 2018. Beberapa fitur yang sebelumnya telah dibatasi untuk pelanggan Office 365 tersedia dalam versi ini.

Microsoft Office 2019 mencakup banyak fitur yang sebelumnya diterbitkan melalui Office 365, bersama dengan fitur peningkatan tinta, dukungan Latex di Word, fitur animasi baru di Powerpoint termasuk fitur morph dan zoom, dan formula dan grafik baru di Excel untuk analisis data.

Aplikasi OneNote sudah tidak ada lagi di Office 2019 ini, karena sudah digantikan dengan OneNote versi UWP yang dibundel dengan Windows 10. OneNote 2016 dapat di-install sebagai fitur opsional di Office Installer.

Untuk pengguna Mac, mode fokus akan tersedia di Word, peta 2D akan tersedia di Excel dan transisi Morph baru, dukungan SVG dan ekspor video 4K akan tersedia di Powerpoint.

Meskipun dirilis pada bulan yang sama, antarmuka pengguna Office baru di Word, Excel, Powerpoint dan Outlook hanya tersedia untuk pelanggan Office 365, bukan di Office 2019. Antarmuka pengguna Office 2019 mempertahankan desain Metro dari Office 2016, kecuali gambar akun Microsoft yang berbentuk lingkaran.

Demikian artikel mengenai Mari Menganal Microsoft Office, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.