TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Perkembangan RAM

 MlatenMania.com - Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Dan sistem itu sendiri merupakan komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada di komputer dengan baik.

Perkembangan RAM

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, process device adalah Microprocessor (ALU, Internal Communication, Register dan control section). Ouput device terdiri dari monitor, printer dan speaker. Storage terbagi menjadi dua, yaitu Storgae Internal dan Storage External, Storage Internal terdiri dari RAM dan ROM, sedangkan untuk Storage External terdiri dari Harddisk, Floppy Drive, CD ROM dan Magnetic Tape.

Tentang RAM

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang berfungsi menyimpan data dan instruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. Penyimpanan RAM bersifat sementara, yang artinya setelah komputer dimatikan RAM akan dikosongkan kemudian akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dihidupkan dan dipergunakan. Berbeda dengan tape magnetic atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random (acak) atau tidak mengacu pada letak datanya. Dan hal inilah yang membuat RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.

RAM sendiri sering disebut sebagai memori utama atau main memory, memori primer atau primary memory atau memori internal atau hanya disebut memori, meskipun ada beberapa jenis memori terpasang pada komputer tersebut.

Secara teknologi RAM dibedakan menjadi dua, yaitu static RAM dan dynamic RAM. Keduanya jenis volatile. Pada RAM statik nilai-nilai biner disimpan dengan menggunakan konfigurasi gerbang logika flip-flop. Sedangkan RAM dinamik disusun oleh sel-sel yang menyimpan data sebagai muatan listrik pada kapasitor. Keberadaan muatan listrik menginterpretasikan biner 1 dan ketiadaan muatan listrik sebagai biner 0. Keuntungan RAM statik adalah lebih cepat, sedangkan kelebihan RAM dinamik RAM sangat sesuai untuk memori berukuran besar.

Perkembangan RAM Dari Masa Ke Masa

RAM (Random Access Memory)

Perkembangan RAM

Ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar-besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 Volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).

DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Perkembangan RAM

Muncul pada tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yang dinamakan DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang mempunya frekuensi, yaitu antara 4,77 MHz hingga 40 MHz.

RAM FPM (Fast Page Mode)

Perkembangan RAM

Muncul pada tahun 1987, RAM jenis FPM merupakan RAM paling kerap digunakan dalam sistem komputer pada masa itu, FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns. Selain FPM mampu mengolah transfer data (bandwith) sebesar 188,71 MB/detik, FPM juga dikenali sebagai DRAM (Dynamic Random Access Memory) saja, FPM menggunakan modul memori SIMM 30 pin & SIMM 72 pin.

EDORAM (Extended Data Out Dynamic Random Access Memory)

Perkembangan RAM

Muncul pada tahun 1995, dan merupakan penyempurnaan dari FPM. EDORAM mempunyai access time sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33 MHz hingga 75 MHz.

SDRAM (Synchronus Dynamic Random Access Memory)

Perkembangan RAM

Antara tahun 1996-1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama/sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosesor. Itulah kenapa Kingston menamakan memori jenis ini sebagai Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih dikenal dengan PC66 karena bekerja pada frekuensi 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.

Dengan kemampuannya yang terbaik saat itu dan telah diproduksi secara masal, bukan hanya oleh Kingston saja, maka dengan cepat memori PC66 ini menjadi standar memori saat itu. Sistem berbasis prosesor soket 7 seperti Intel Pentium klasik (P75-P266MMX) maupun kompatibelnya dari AMD, WinChip, IDT, dan sabainya dapat bekerja sangat cepat dengan menggunakan memori PC66 ini. Bahkan Intel Celeron II generasi awal pun masih menggunakan memori SDRAM PC66 ini.

SDRAM PC100

Perkembangan RAM

Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Standar baru ini diciptakan oleh Intel untuk mengimbangi sistem chipset i440BX dengan sistem slot 1 yang juga diciptakan Intel. Chipset ini didesain untuk dapat bekerja pada frekuensi bus sebesar 100MHz. Chipset ini sekaligus dikembangkan oleh Intel untuk dipasangkan dengan prosesor terbaru Intel Pentium II yang bekerja pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz sementara Intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memori SDRAM, maka dikembangkanlah memori SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100 MHz. Seperti pendahulunya PC66, memori SDRAM ini kemudian dikenal dengan sebutan PC100.

Dengan menggunakan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC100 mempunyai access time sebesar 8ns, lebih singkat dari PC66. Salin itu memori PC100 mampu mengalirkan data 800MB per detiknya.

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Perkembangan RAM

Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revlusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM. Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory. Dengan hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6 GB perdetiknya (1GB = 1000MHz).

Sayangnya kecanggihan RDRAM tidak dapat dimanfaatkan oleh sistem chipset dan prosesor pada ala itu sehingga memori ini kurang mendapat dukungan dari berbagai pihak. Satu lagi yang membuat memori ini kurang diminati adalah karena harganya yang sangat mahal.

RDRAM PC800

Perkembangan RAM

Masih ditahun yang sama, Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dengan kemampuan yang sama dengan DRDRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan, jika DRDRAM membutuhkan tegangan sebesar 2,5 volt, maka RDRAM PC800 bekerja pada tegangan 3,3 volt. Nasib memori RDRAM ini hampir sama dengan DRDRAM, kurang diminati, jika tidak dimanfaatkan oleh Intel.

Intel yang telah berhasil menciptakan sebuah prosesor berkecepatan sangat tinggi membutuhkan sebuah sistem memori yang mampu mengimbanginya dan bekerja sama dengan baik. Memori jenis SDRAM sudah tidak sepadan lagi. Intel membutuhkan yang lebih dari itu. Dengan dipasangkannya Intel Pentium 4, nama RDRAM melambung tinggi, dan semakin lama hanrganya semakin turun.

SDRAM PC133

Perkembangan RAM

Bekerja pada bus berfrekuensi 133 MHz dengan access time sebesar 1,06 GB/det.

SDRAM PC150

Perkembangan RAM

Pada tahun 2000 memori PC150 mempunyai access time 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28 GB/det.

DDR-SDRAM

Perkembangan RAM

Pada tahun 2000 menggunakan sistem bus dengan frekuensi sebesar 100-133MHz.

DDR2-SDRAM

Perkembangan RAM

Pada tahun 2004 memiliki kelebihan high clock speed 400-800MHz, memiliki 1 keping 2 GB dan dipasangkan teknologi koneksi Ball Grid Array (BGA).

DDR3-SDRAM

Perkembangan RAM

Pada tahun 2007, memiliki bandwith sampai dengan 1600MHz dan mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600 MHz.

DDR4-SDRAM

Perkembangan RAM

Standar RAM DDR4 dirilis sejak tahun 2014. Daya yang diperlukan untuk modul memori tipe DDR4 hanya 1,2 volt dengan menggunakan DIM 288 pin dan SO-DIMM 260 pin. Kapasitas maksimal sebuah modul RAM DDR4 mencapai 64 GB.

Kelebihan RAM DDR4 dibanding dengan DDR3 adalah chip yang lebih padat, konsumsi daya yang lebih rendah dan kecepatan transfer serta frekuensi yang lebih meningkat.

DDR5-SDRAM

Perkembangan RAM

JEDEC merilis standar RAM baru yaitu DDR5 pada tahun 2020. Nantinya RAM DDR5 skalabilitas yang lebih tinggi guna peningkatan kinerja dibanding RAM generasi sebelumnya (DDR4).

Demikian artikel mengenai Perkembangan RAM, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.