TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

 MlatenMania.com - Berbagai jenis film animasi sudah bayak ditanyangkan di Indonesia sejak dahulu. Salah satu film yang sudah dikenal oleh masyarakat, khususnya anak-anak adalah film animasi Jepang Doraemon. Doraemon merupakan bentuk kartun animasi Jepang yang diadaptasi dari serial manga (komik) Doraemon karya Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969. Di Indonesia, seri komik Doraemon diterbitkan pada tahun 1996, oleh perusahaan Elex Media Komputindo, anak perusahaan dari Gramedia Indonesia.

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon
Doraemon

Sejarah Singkat Doraemon

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Doraemon adalah judul sebuah manga (komik) populer yang dikarang oleh Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969. Pada bulan Desember 1969, manga Doraemon terbit dalam 6 (enam) judul majalah bulanan anak. Cerita yang terkandung dalam majalah-majalah itu berbeda-beda, yang berarti pengarang cerita ini harus menulis lebih dari 6 (enam) cerita setiap bulannya. Pada tahun 1979 Coro Coro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992. Sebagai tambahan, pada tahun 2005, Shogakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita berbeda dari 45 jilid aslinya.

Doraemon adalah salah satu karakter manga yang paling populer di Indonesia. Hampir semua orang kenal dengan tokoh ini. Seri anime-nya tanyang pertama kali di TVRI pada tahun 1979 sampai 1989. Dan sejak tahun 1989 sampai saat ini serial Doraemon ini ditayangkan di RCTI.

Tokoh-Tokoh Yang Ada Di Cerita Doraemon

1. Doraemon

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Lahir pada tanggal 3 September 2112, tinggi badan 129,3 cm dan bobot 129,3 kg. Makanan kesukaannya adalah Dorayaki. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita. Sebenarnya Doraemon adalah sebuah robot kucing yang diciptakan oleh Nobita sendiri, dan setelah sekian lama Doraemon berpindah-pindah sejak pertama kali diciptakan, Doraemon diperbaharui dan tubuhnya dicat baru sehingga berwarna kuning yang dirancang untuk keperluan rumah tangga keluarga kaya. Sayangnya, sebuah kesalahan terjadi ketika ia menjalani proses produksi. Tak seperti robot kucing lainnya, ia gagal melewati tes sehingga ia dilelang ke keluarga kelas bawah, yang tidak lain adalah keluarga keturunan Nobita. Doraemon tetap menjadi sebuah robot kucing berwarna kuning hingga suatu hari, ketika ia sedang mengurus bayi keluarga tersebut, sebuah robot tikus menggigit telinganya sampai hancur sehingga terpaksa Doraemon menangis dan terus menangis, ia mencoba untuk mengembalikan telinganya kembali dengan cairan penumbuh, tetapi ia mengambil cairan yang salah dan akhirnya melunturkan cat di tubuhnya yang semula kuning menjadi warna dasarnya biru. Ia pun berubah menjadi seperti sekarang ini: sebuah robot kucing berwarna biru, tanpa telinga, dan sampai sekarang pun Doraemon menjadi benci dan takut terhadap tikus.

Doraemon diciptakan saat Nobita sudah berumur sekitar separuh baya. Dan sebenarnya Doraemon sudah berada di keluarga Nobita sejak awal ia diciptakan. Meskipun gagal dalam proses tes, Doraemon tetap menjadi sebuah robot canggih yang memiliki alat-alat ajaib yang mampu memecahkan semua masalah. 

Tubuh Doraemon sangat sensitif, ia tidak dapat beraktivitas dengan normal jika ia kehilangan suku cadangnya, walaupun hanya sebuah mur. Ia memiliki seorang adik bernama Dorami yang siap menggantikan tugasnya menjaga Nobita ketika ia menjalani servis rutin pada masa depan.

2. Nobi Nobita

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Anak kelas 5 SD yang pemalas dan sering diganggu oleh Giant dan Suneo. Tidak pandai dalam olahraga dan juga dalam pelajaran sekolah. Walaupun begitu, ia pandai dalam membuat teka-teki, bermain karet dan menembak. Sifatnya yang terlalu baik dan suka menolong kadang-kadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Selain membuat teka-teki, bermain karet dan menembak, Nobita juga ahli dalam hal tidur, ia bisa tertidur lebih cepat daripada orang lain.

Dirinya dari masa depan seringkali datang kembali dengan mesin waktu untuk menyuruh Nobita belajar. Ini diakibatkan kemalasan Nobita seaktu di sekolah dasar yang akhirnya terbawa ke tingkat selanjutnya dan membuat dirinya yang lebih tua menyesal dan mencoba merubahnya seperti itu.

3. Shizuka Minamoto

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Anak perempuan yang disukai Nobita dan pada masa depan akan menikah dengannya walau pada masa sekarang ia lebih dekat dengan Dekisugi (kedekatan dibidang intelektual). Ia selalu membela Nobita jika Nobita dikerjai teman-temannya. Ia juga serius tetapi baik hati, alasannya menikah dengan Nobita pun karena ia tak tega melihat Nobita yang malang dan selalu sial.

Ia bercita-cita menjadi seorang pramugari. Shizuka juga hobi memainkan biola, namun ia malah dimasukkan ke tempat kursus piano oleh ibunya yang tidak terlalu di sukai.

4. Takeshi Goda (Giant)

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Cepat marah dan sangat senang menyanyi walaupun suaranya kurang memadai. Ia juga sering mengadakan konser atau resital di lapangan dan mengundang semua temannya untuk datang dan mendengarkan, walaupun sebenarnya mereka tidak suka. Cita-cinya adalah menjadi penyanyi dan bisa tampil di di televisi. Giant juga mempunyai hobi lain yakni memasak, meskipun hasilnya juga tidak memuaskan. Selain menyai dan memasak, Giant mempunyai hobi lain yang dirahasiakan dari teman-temannya (bermain rumah-rumahan dengan boneka-boneka miliknya. Giant juga sangat sayang sama ibu dan adiknya, dan Giant sangat tajut jika ibunya memarahinya.

5. Suneo Honekawa

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Anak berwajah rubah dari keluarga kaya yang sering memamerkan kekayaannya di depan Nobita dan membuat Nobita merengek ke Doraemon agar bisa menyaingi Suneo. Walaupun begitu, Suneo sebenarnya adalah seorang anak yang sangat manja, mudah menyerah dan penakut. Ia masih sering ngompol dan kadang harus memakai popok sewaktu tidur. Ia juga seorang narcist dan sering berbohong untuk menjaga harga dirinya. Teman dekatnya adalah Giant, meskipun sebenarnya ia memendam dendam terhadap Giant yang suka mengambil dan merusak mainnya. Hobinya adalah memandangi cermin, mengumpulkan perangko dan barang antik lainnya, membuat pramodel, membuat foto panorama dan bermanin remote control. Suneo mempunyai wawasan yang luas di bidang sains dan adalah pendesainer yang bertalenta. Cita-citanya adalah menjadi seorang desainer pakaian berkelas.

Suneo mempunyai adik laki-laki bernama Sunetsugu. Ia tinggal bersama pamannya di New York, Amerika Serikat  dan jarang pulang ke Jepang. Meskipun begitu, Suneo dan Sunetsugu sering berkomunkasi lewat surat. Suneo juga memiliki sepupu bernama Sunekichi yang sering membuatkan remote control untuknya.

6. Ayah Nobita (Nobisuke Nobi)

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Ketika muda, ia pernah bercita-cita menjadi seorang pelukis bahkan ia sempat berguru kepada seorang pelukis yang kini terkenal. Ia pandai berolahraga terutama bermain golf tetapi ia sangat bodoh dalam pelajaran sekolah. Ia seorang perokok berat dan kesulitan menghilangkan kebiasaan merokoknya. Sejak lama ia memimpikan untuk memiliki SIM mobil namun selalu gagal mendapatkannya.

Nobisuke selalu mengharapkan Nobita agar tidak menjadi seperti dirinya (seorang pekerja kantoran dan gagal dalam melakukan apapun. Ia sangat memanjakan Nobita, ia jarang sekali memarahi Nobita.

7. Ibu Nobita (Tamako Kataoka)

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Ia selalu cerewet dan memarahi Nobita jika anak itu melakukan kesalahan yang tidak dikehendakinya (mendapat nilai nol). Dimasa muda ia adalah seorang anak yang pintar tapi tak pandai berolahraga, hobinya adalah merangkai bunga.

8. Dorami (Adik Doraemon)

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Adik perempuan Doraemon yang berwarna kuning, pandai beres-beres, bersih-bersih, mencuci dan memiliki tenaga sepuluh ribu daya kuda. Orangnya apik dan benci terhadap ketidakrapihan, dan lebih rajin dibandingkan Doraemon. Ia juga selalu serius dan tidak bisa diajak bercanda. Meskipun demikian, Dorami sebenarnya adalah robot yang baik dan sering menolong Nobita dan teman-teman ketika meraka dalam kesulitan.

9. Hidetoshi Dekisugi

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Anak yang tampan dan pintar dalam pelajaran maupun olahraga, sering menjadi nomor 1 di kelas. Dekisugi sering dicemburui Nobita karena sering membantu Shizuka dalam pelajaran. Walaupun begitu Dekisugi tidak pernah dendam bahkan sesekali waktu membantu Nobita dalam banyak hal. Selain itu, Dekisugi juga pandai menggambar dan memasak.

10. Jaiko (Adik Giant)

Ayo Bernostalgia Dengan Doraemon

Adik perempuan Giant. Hobinya memasak dan mengarang komik. Jaiko menggunakan nama Christine Goda, Kurisuchine Goda) untuk komik karangannya. Ia akan menjadi istri Nobita andai saja Doraemon tidak datang ke masa kini.

Alur Cerita Doraemon

Doremon bercerita mengenai robot kucing berwarna biru yang memiliki kantong ajaib empat dimensi. Doraemon dikirim oleh Sewashi, cicit Nobita dari abad ke-22 untuk menolong Nobita yang merupakan anak kelas lima SD yang sangat pemalas dan sering diganggu oleh dua teman sekolahnya yaitu Giant dan teman-temannya.

Doraemon tiba pada tahun 1969, pada hari tahun baru Jepang bersama Sewashi. Ia keluar dari laci meja milik Nobita, dan sejak saat itu ia tinggal bersama Nobita. Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat dirinya menikah dengan Shizuka, bukan dengan Jaiko. Dia juga melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik daripada kerika Sewashi mengirim Doraemon dulu.


Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.