TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Membuat Tabel Di Word 2019

 MlatenMania.com - Aplikasi pengolah kata Ms. Word atau yang sering disebut dengan Word saja adalah sebuah aplikasi sudah populer digunakan di Indonesia bahkan di dunia. Dari masa ke masa aplikasi Word ini mengalami banyak sekali perubahan, baik dari tampilan maupun fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Membuat Tabel Di Word 2019
Membuat Tabel Di Word 2019

Pada kesempatan ini Saya akan membahas salah satu fitur yang ada di fitur yang ada di dalam aplikasi Word tersebut, dan sesuai dengan judul artikel ini, fitur yang akan Saya bahas adalah fitur menambahkan tabel. Dan sesuai dengan judul artikel ini juga, yang Saya bahas adalah aplikasi Word 2019.

Menyisipkan Tabel Di Aplikasi Word 2019

Untuk membuat tabel di Word 2019 sebenarnya masih sama seperti pada saat kita membuat tabel di Word versi sebelumnya, yaitu:

1. Klik Menu Insert, kemudian klik pada tombol Table sehingga muncul seperti gambar di bawah ini:

Membuat Tabel Di Word 2019

2. Untuk menentukan banyaknya kolom ataupun baris, caranya tinggal kita geser kan pointer mouse ke kotak-kotak yang ditampilkan pada gambar di atas. Atau bisa juga dengan klik menu Insert Table yang letaknya persis di bawah kotak-kotak pada gambar di atas, sehingga nantinya muncul seperti pada gambar di bawah ini:

Membuat Tabel Di Word 2019

Isikan banyaknya kolom pada Number of columns dan isikan banyaknya baris pada Number of rows kemudian klik OK.

Editing Tabel Di Word 2019

Setelah tabel sudah kita buat dan muncul di lembar kerja Word kita, selanjutnya adalah mengenai editing dari tabel tersebut. Diantaranya adalah perataan teks di tabel, merge cells dan menghilangkan garis pada tabel tersebut.

1. Perataan teks di tabel Word 2019

Untuk mengatur perataan teks yang ada di dalam tabel, yang pertama kita lakukan adalah menyeleksi cell yang akan atur perataan teksnya atau jika ingin satu tabel tersebut bisa langsung klik pada icon yang bergambar emapat anak panah seperti pada gambar di bawah ini:

Membuat Tabel Di Word 2019

Jika sudah, nntinya akan muncul Menu di deret Ribbon Menu Word 2019, yaitu Menu Layout seperti pada gambar di bawah ini:

Membuat Tabel Di Word 2019

Kemudian kita tentukan perataan teksnya dengan memilihnya seperti pada gambar di atas.

2. Merge Cells Di Word 2019

Untuk menggabungkan beberapa cell (Merge Cells) masih tetap sama dengan versi Word sebelumnya, yaitu dengan cara menyeleksi cell yang akan kita gabungkan kemudian klik kanan dan pilih Merge Cells:

Membuat Tabel Di Word 2019

3. Memberi Warna Pada Cell Di Tabel Word 2013

Untuk memberikan warna di tabel Word 2019, kita seleksi cell mana yang akan kita beri warna, kemudian klik pada Menu Design yang berada di deret Ribbon Menu dan klik pada Shading kemudian tentukan warna yang kita inginkan:

Membuat Tabel Di Word 2019

4. Menghilangkan Garis Pada Tabel Word 2019

Untuk menghilangkan garis pada tabel Word 2019, cara sama yaitu seleksi cell yang akan kita hilangkan garisnya kemudian klik pada Menu Design kemudian klik lagi pada pilihan Borders dan pilih No Border jika ingin menghilangkan:

Membuat Tabel Di Word 2019

Atau bisa kjuga pilih pada Borders and Shading yang berada diurutan paling bawah pada gambar di atas.

Mungkin hanya itu saja artikel mengenai Membuat Tabel Di Word 2019, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.



Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.