TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Aplikasi Untuk Menulis Huruf Arab (Hijaiyah) Di Windows

 MlatenMania.com - Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semuanya, selamat datang di blog sederhana Saya ini. Pada kesempatan ini Saya akan berbagi sebuah informasi mengenai software/aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk menulis huruf Arab (Hijaiyah) di PC ataupun Laptop.

Aplikasi Untuk Menulis Huruf Arab (Hijaiyah) Di Windows

Aplikasi ini bernama Nonosoft Khot, sebuah software/aplikasi yang dirancang khusus untuk memungkinkan PC ataupun Laptop kita yang menggunakan Sistem Operasi Windows bisa menulis huruf Arab (Hijaiyah). Aplikasi ini kompatibel dengan Sistem Operasi Windows mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows 11. Baik yang berarsitektur 32 bit maupun 64 bit.

Tentang Nonosoft Khot

Program Nonosoft KHOT dibuat untuk membantu saudara-saudara muslim dalam menuliskan ayat-ayat Al-Qur'an, hadits, do'a-do'a, pelajaran bahasa Arab maupun buku-buku, artikel dan software multimedia yang membutuhkan tulisan arab berharakat di dalamnya. Saya berharap dengan adanya Nonosoft KHOT bisa menghilangkan anggapan susahnya menulis arab di komputer, karena harus menghafal letak tombol huruf-huruf arab pada keyboard atau harus melakukan copy/paste simbol dari Character Map untuk menulis karakter-karakter spesial yang tidak terdapat pada keyboard. Kesan 'kaku' dari tulisan arab hasil pengetikan melalui komputer juga dapat dikurangi, karena pada Nonosoft KHOT terdapat fasilitas untuk mengubah huruf-huruf yang diketik tergabung menjadi satu karakter secara otomatis dengan bentuk yang lebih alami.

Pada Nonosoft KHOT versi 3 ini Alhamdulillaah sudah terdapat banyak perbaikan dan penambahan fitur dibanding versi sebelumnya. Selain itu juga bisa berjalan baik di atas sistem operasi Windows XP/Vista/7. Tidak ada masalah meskipun setting Arabic Language-nya dimatikan atau diaktifkan. Dengan demikian Nonosoft KHOT dapat diinstal bersamaan dengan program-program yang membutuhkan pengaktifan Arabic Language semisal Maktabah Syamila. Adanya window tersendiri yang berfungsi untuk menyisipkan karakter-karakter spesial InsyaAllah akan memudahkan kita dalam mempercepat pengetikan dokumen. Disediakan juga fasiltas copy/faste dalam format yang berbeda (RTF, HTML, Image Metafile dan Bitmap) sehingga teks arab hasil ketikan Nonosoft KHOT dapat dipindah ke hampir semua program editor teks/gambar.

Tentunya tidak ada program yang benar-benar sempurna. Dengan sistem font yang tidak menggunakan sistem unicode dengan arabic set seperti editor teks arab pada umumnya, menjadikan hasil ketikan Nonosoft KHOT tidak bersifat universal atau bisa disisipkan di halaman web tanpa menyertakan semua font-font pendukungnya. Begitu juga ketika diinginkan format justify, harus dilakukan secara manual dan ketika lebar halaman diperkecil, susunan teks menjadi berubah tidak beraturan. Tapi memang dari awal pembuatan program ini, dengan menyadari kelemahan-kelemahan di atas, saya sengaja tidak menggunakan tabel arabic pada font unicode agar Nonosoft KHOT mempunyai keunggulan dan ciri khas tersendiri yang tidak ada di editor teks arab selainnya. InsyaAllah kedepan kami akan selalu berusaha untuk lebih menyempurnakan program yang masih sangat sederhana ini, terutama agar bisa mempunyai jenis font yang lebih banyak dengan kebutuhan jumlah file yang seminim mungkin dan juga bisa mendukung penulisan Al Qur'an rasm Utsmani cetakan Madinah.

Penggunaan Aplikasi Nonosoft Khot

Untuk menggunakan aplikasi Nonosoft Khot ini sangatlah mudah, seperti layaknya kita menggunakan aplikasi Ms. Word, dan didalam aplikasi ini juga terdapat sebuah user manual yang berisi panduan-panduan dan penjelasan mengenai cara penggunaan dan juga fitur-fitur dari aplikasi Nonosoft Khot ini.

Hasil penulisan yang ada di lembar kerja Nonosoft Khot bisa kita salin/copy ke aplikasi lainnya seperti Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint, Adobe Photoshop dan lain sebagainya. Aplikasi Nonosoft Khot ini juga banyak di gunakan oleh sekolah-sekolah terutama pada saat mengikuti perlombaan MAPSI (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami).

Contoh Hasil Penulisan Huruf Arab (Hijaiyah) Menggunakan Nonosoft Khot

Berikut merupakan salah satu contoh hasil penulisan menggunakan Aplikasi Nonosoft Khot :

Aplikasi Untuk Menulis Huruf Arab (Hijaiyah) Di Windows

Download Nonosoft Khot

Bagi Sobat Blogger yang ingin mencoba Aplikasi Nonosoft Khot ini bisa mengunduh/download melalui download yang sudah Saya sediakan di akhir artikel ini, dan jika Sobat Blogger ingin membeli lisensi/serial number-nya bisa menghubungi devloper/programmer-nya melalui kontak yang sudah teresdia di paket install aplikasi Nonosfot Khot ini.

Demikian artikel mengenai Aplikasi Untuk Menulis Huruf Arab (Hijaiyah) Di Windows, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi MlatenMania.com untuk mendapatkan informasi-informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Sekian, terimakasih dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Nonosoft Khot 3.1.9
Media Jifisa File Size 472.83Mb
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik Unduh lagi. Dan jika linknya rusak, silahkan lapor melalui halaman Formulir Kontak blog ini.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.