TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Manfaat Dan Dampak Negatif Purwaceng Bagi Kesehatan

 MlatenMania.com - Purwaceng atau purwoceng lebih dikenal sebagai tanaman khas dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Hampir seluruh bagian tanaman purwaceng bisa dimanfaatkan. Namun, yang paling umum digunakan dari tanaman dengan nama ilmiah Pimpinella pruatjan ini adalah bagian akarnya.

Manfaat Dan Dampak Negatif Purwaceng Bagi Kesehatan

Akar purwaceng umumnya diolah menjadi bentuk bubuk atau serbuk, dan dijadikan campuran minuman seperti kopi atau bahkan susu. Adanya sejumlah bahan kimia di dalam akar purwaceng membuatnya dianggap memiliki berbagai khasiat, termasuk menambah stamina pria.

Namun, tanaman ini tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap alergi, karena memicu reaksi setelah penggunaan. Gejalanya ditandai dengan ruam kulit, bersin-bersin, hidung gatal, berair dan tersumbat.

Beberapa Manfaat Purwaceng Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan gairan seksual pria.

Akar tanaman memiliki efek afrodisiak pada pria yang berdampak pada meningkatkan gairah seksual dan performa seks di atas ranjang. Purwaceng bekerja dengan meningkatkan kinerja hormon testosteron dan kualitas sperma.

2. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung. Zat asing ini juga berperan dalam menimbulkan tanda penuaan dini, termasuk keriput dan flek hitam di wajah.

Gangguan tersebut bisa diatasi berkat senyawa antioksidan dalam purwaceng. Beberapa jenisnya, termasuk flavonoid, saponin, tanin dan asam fenolik. Kandungannya efektif mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

3. Mengatasi infeksi

Purwaceng mengandung tinggi antioksidan berupa flavonoid dan fenolik. Tanaman ini juga bersifat antibakteri, yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Salmonella typhi dan Escherichia coli.

Karena kandungan yang disebutkan, tanaman efektif mengatasi beberapa gangguan kesehatan, seperti infeksi bakteri di saluran pernapasan, saluran pencernaan dan saluran kemih.

4. Mengatasi peradangan pada tubuh

Tanaman ini bersifat antiradang, sehingga efektif dalam membantu proses penyembuhan luka, meredakan nyeri dan pembengkakan, mengatasi sariawan serta mencegah kerusakan organ, salah satunya hati.

5. Mencegah perkembangan sel kanker

Akar purwaceng mengandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel kanker, salah satunya kanker payudara. Antioksidan bekerja dengan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan tumbuh tak terkendali.

Dampak Negatif Mengkonsumsi Purwaceng

Selain memiliki beberapa khasiat yang sudah disebutkan di atas, mengkonsumsi tanaman Purwaceng juga memiliki dampak yang negatif bagi tubuh, yaitu bisa menimbulkan efek samping berupa alergi seperti:

  • Bersin-bersin
  • Kulit memerah
  • Gatal-gatal
  • Kulit kering pecah-pecah
  • Mata merah
  • Hidung gatal berair dan tersumbat.

Untuk itu, penggunaannya tidak disarankan pada pengidap alergi terhadap berbagai kandungan dalam tanaman ini. Peraturan yang sama berlaku pada pengidap alergi zat pewarna, makanan, pengawet atau bulu hewan.

Demikian artikel mengenai Manfaat Dan Dampak Negatif Purwaceng Bagi Kesehatan, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-purwaceng-dan-dampaknya-untuk-kesehatan

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.