TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Manfaat Ekstrak Ikan Gabus Bagi Kesehatan

 MlatenMania.com - Ikan gabus (Channa striata) merupakan jenis ikan buas yang tumbuh di air tawar maupun air payau. Merupakan ikan pancingan yang banyak ditemui di sungai, rawa, danau dan saluran-saluran air, hingga ke sawah-sawah. Selain itu ikan ini sering kali di asinkan dengan harga jual yang lumayan mahal.

Manfaat Ekstrak Ikan Gabus Bagi Kesehatan
Ikan Gabus

Kandungan Nutrisi Ikan Gabus

Kandungan komposisi ikan gabus dalam 100 gram bahan dapat di tilihat pada tabel di bawah ini:

Komposisi Ikan Gabus Segar Ikan Gabus Kering
Kalori (kal) 69 24
Protein (g) 25,2 58,0
Lemak (g) 1,7 4,0
Besi (mg) 0,9 0,7
Kalsium (mg) 6,2 15
Fosfor (mg) 176 100
Vit A (SI) 150 100
Vit B1 (mg) 0,04 0,1
Air (g) 69 24
BDD (%) 64 80

Beberapa Manfaat Ekstrak Ikan Gabus Bagi Kesehatan

1. Membantu penyembuhan luka operasi lebih cepat

Ikan gabus memiliki manfaat antara lain meningkatkan kadar albumin dan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan pasca operasi dan juga mempercepat penyembuhan luka dalam atau luka luar.

2. Menjaga cairan dalam tubuh

Albumin yang terkandung dalam ikan gabus membantu mempertahankan proses homeostasis pada tubuh. Proses ini bergantung pada mekanisme transpor dan membran sel, tak terkecuali osmosis, transpor aktif, filtrasi, dan difusi.

3. Mengontrol gula darah

Kandungan protein yang terbilang tinggi pada ikan tawar ini membuatnya kerap menjadi sumber antioksidan antihiperglikemik. Tak hanya itu, didapati pula 15 jenis asam amino pada ikan gabus dengan sembilan di antaranya adalah asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Memelihara sistem pencernaan

Tekstur daging yang empuk juga sangat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini berkat kandungan protein kolagen yang cenderung lebih rendah daripada daging, yaitu sekitar 3 sampai 5 persen saja dari keseluruhan protein kolagen.

5. Mengatasi masalah gizi buruk

Dengan mengonsumsi ikan gabus mampu meningkatkan kadar albumin dalam darah selama kehamilan. Itulah sebabnya mengapa ikan ini direkomendasikan menjadi opsi menu sehat bumil. Tidak harus berlebihan, sebanyak 100 gram saja sudah cukup untuk memenuhi asupan gizi harian tubuh. 

6. Membantu melancarkan pencernaan

Bagi yang mengalami sembelit, mengonsumsi ikan ini juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Kolagen dan protein yang terkandung di dalamnya gabus akan membantu pencernaan bekerja lebih baik.

7. Pembentukan dan pertumbuhan otot

Protein pada ikan gabus atau kepala ular membantu proses pembentukan otot di tubuh. Itulah sebabnya, para binaragawan sebaiknya makan ikan ini secara teratur. 

8. Menyehatkan sirkulasi darah

Kekurangan albumin dapat akan menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah manusia. Albumin pada ikan gabus dapat mencegah situasi ini terjadi. Selain itu, albumin pada ikan gabus juga membantu  mencerna vitamin larut lemak untuk diedarkan ke dalam tubuh. 

Minyak ikan mengandung albumin, sehingga dapat bermanfaat untuk sirkulasi darah, menyehatkan pencernaan, dan sebagainya.

9. Berperan dalam pembentukan sel darah putih

Sel darah putih memiliki fungsi penting sebagai sistem imun tubuh. Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sel darah putih menjadi pertahanan utama tubuh. Albumin juga merupakan protein yang berperan dalam pembentukan sel darah putih ini. Kekurangan albumin dapat menyebabkan tubuh mudah sakit dan radang.

10. Berpotensi mengatasi penyakit kronis

Menurut jurnal ilmiah berjudul Snakehead Fish (Channa striata) and Its Biochemical Properties for Therapeutics and Health Benefits dalam Science Forecast Publications LLC, ikan gabus memiliki potensi sebagai pengobatan penyakit kronis.

Hal ini karena ikan ini mengandung senyawa antimikroba, antiinflamasi, proliferasi sel, induksi akresi trombosit, dan aktivitas anti-nosiseptif. Ekstraknya juga mengandung asam amino esensial tingkat tinggi.

11. Meningkatkan metabolisme tubuh 

Asam amino esensial dalam ikan gabus membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat dapat membantu menjaga berat badan yang ideal dan mencegah kelebihan berat badan.

12. Meningkatkan kualitas tidur 

Kandungan omega-3 di dalamnya membantu meningkatkan kualitas tidur. Asam lemak ini membantu mengatur ritme tidur dan membantu mengurangi gangguan tidur seperti insomnia.

13. Ikan gabus dapat menjaga kesehatan gigi

Kandungan fosfor berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Fosfor membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi.

Khasiat Albumin Pada Ikan Gabus

Di dalam 100 gram ikan gabus mengandung 16,2 gram protein. Salah satu jenis protein yang terkandung dalam ikan ini adalah albumin, Albumin pada ikan gabus memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan. Salah satunya adalah mendistribusikan banyak zat penting ke dalam tubuh. Selain itu, khasiat lain albumin adalah menjaga agar cairan yang berada di dalam darah tidak bocor ke bagian jaringan lainnya.

Untuk mendapatkan albumin dari ikan gabus dapat dilakukan dengan mengekstraknya menggunakan ekstraktor vakum untuk memeroleh rendemen dan kualitas yang lebih baik.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Albumin And Zinc Content Of Snakehead Fish (Channa striata) Extract And Its Role In Health, dalam International Journal of Science and Technology (IJSTE), ikan dapat diekstrak untuk mendapatkan protein plasma (sarkoplasma) yang mengandung albumin. Selain itu, nutrisi lainnya yang berpotensi memperbaiki kondisi hipoalbuminemia.

Hipoalbuminemia adalah kondisi ketika kadar albumin dalam tubuh mengalami penurunan. Bila ini terjadi bisa menyebabkan penumpukan cairan (edema).

Ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi. Ekstrak ikan ini dapat menjadi pengganti albumin serum manusia dan kebutuhan industri obat.

Demikian artikel mengenai Manfaat Ekstrak Ikan Gabus Bagi Kesehatan, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.