TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Manfaat Meminum Air Putih

 MlatenMania.com - Air merupakan komponen utama pada tubuh manusia. Pada orang dewasa, air menyumbang sebanyak 60% berat badan total, dan persentase tersebut lebih tinggi pada bayi, yaitu mencapai 75%. Di dalam tubuh, air memegang peranan penting, yaitu sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut, pelumas dan bantalan, media transportasi dan sebagai media eliminasi toksin dan produk sisa metabolisme.

Manfaat Meminum Air Putih

Definisi Air Minum

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010, air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. 

Jenis Air Minum

  1. Jenis air minum menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 907/MENKES/SK/VII/2002, meliputi:
  2. Air yang didistribusikan melalui pipa untuk keperluan rumah tangga;
  3. Air yang didistribusikan melalui tangki air;
  4. Air Kemasan; dan
  5. Air yang digunakan untuk produksi bahan makanan dan minuman yang disajikan kepada masyarakat. 

Fungsi Air Putih

1. Pelarut Dan Alat Angkut

Air di dalam tubuh berfungsi sebagai pelarut zat-zat gizi berupa monosakarida, asam amino, lemak, vitamin dan mineral serta bahan-bahan lain yang diperlukan tubuh seperti oksigen, dan hormon-hormon. Zat-zat gizi dan hormon ini dibawa ke seluruh sel yang membutuhkan. Di samping itu air, sebagai pelarut mengangkut sisa metabolisme, termasuk karbon dioksida dan ureum untuk dikeluarkan dari tubuh melalui paru-paru, kulit, dan ginjal.

2. Katalisor

Air berperan sebagai katalisator dalam berbagai reaksi biologis dalam sel, termasuk dalam saluran cerna. Air diperlukan pula untuk menghidrolisis zat-zat yang kompleks menjadi lebih sederhana, sehingga lebih mudah diserap tubuh.

3. Pelumas

Air berperan sebagai pelumas dalam proses pencernaan dan proses-proses lain dalam tubuh. Air dalam cairan saliva membantu untuk mengunyah dan menelan. Air terkandung dalam cairan-cairan pencernaan lain yang menunjang gerakan seluruh sistem pencernaan. Cairan-cairan disekitar persendian, bola mata, dan bagian tubuh lain membantu untuk melancarkan gerakan-gerakan organ tubuh.

4. Fasilisator Pertumbuhan

Air sebagai bagian jaringan tubuh diperlukan untuk pertumbuhan. Dalam hal ini air berperan sebagai zat pembangun.

5. Pengatur Suhu

Karena kemampuan air untuk menyalurkan panas, air memegang peranan dalam mendistribusikan panas di dalam tubuh.Sebagian panas yang dihasilkan dari metabolisme energi diperlukan untuk mempertahankan suhu tubuh pada 37°c.Suhu ini paling cocok untuk bekerjanya enzim di dalam tubuh. Kelebihan panas yang diperoleh dari metabolisme energi perlu segera disalurkan keluar. Sebagian besar pengeluaran kelebihan panas ini dilakukan melalui penguapan air dari permukaan tubuh (keringat).

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Bagi manusia air minum merupakan kebutuhan utama untuk berbagai keperluan, seperti mandi, cuci, kakus dan dalam produksi pangan, mengingat bahwa berbagai penyakit dapat ditularkan melalui air saat manusia memanfaatkannya, maka untuk memutuskan penularan penyakit tersebut diperlukan sistem penyediaan air bersih maupun air minum yang baik bagi manusia. Air juga digunakan untuk melarutkan berbagai jenis zat yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya untuk melarutkan oksigen sebelum memasuki pembuluh darah yang berada disekitar alveoli. Disamping itu, transportasi zat-zat makanan dalam tubuh semuanya dalam bentuk larutan dengan pelarut air.

Air dalam tubuh manusia berfungsi untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan fisiologi tubuh. Air juga berguna untuk melarutkan dan mengolah sari makanan agar cepat dicerna. Komponen sel terbanyak dalam tubuh manusia terdiri dari air, maka jika kekurangan air, sel tubuh akan menciut dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat Minum Air Putih Secara Teratur

  1. Minum 1-2 gelas air (200-400cc) bangun tidur dapat membersihkan organ dalam Melancarkan sistem pencernaan, karena tubuh akan lebih cepat menyerap nutrisi-nutrisi dengan mudah
  2. Minum 1 Gelas air sebelum tidur dapat mencegah Stroke dan serangan jantung. Menyehatkan jantung, karena dapat melancarkan aliran darah ke jantung , Dapat menambah tenaga, karena tubuh yang lelah disebabkan oleh dehidrasi.
  3. Minum 1 Gelas air 30 menit sebelum makan dapat membantu fungsi seluruh organ pencernaan, Menyehatkan ginjal dan usus, karena dengan minum air putih yang banyak dapat membersihkan kotoran yang ada di ginjal, dan juga dapat melancarkan pengeluaran kotoran di usus.
  4. Membantu meringankan kerja ginjal dalam menyaring zat dari obatobatan.
  5. Minum 1 Gelas air sebelum mandi dapat menurunkan Tekanan Darah.
  6. Dapat mengatur suhu tubuh dan Meningkatkan konsentrasi.
  7. Menjaga kelembaban kulit sehingga tidak mudah keriput.
Demikian artikel mengenai Manfaat Meminum Air Putih, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.