TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Cara Mencetak A4 Menjadi A5 Di Ms. Word

 MlatenMania.com - Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa kertas yang sering kita gunakan untuk mencetak dokumen yang sudah kita buat menggunakan aplikasi Ms. Word adalah ukuran kertas A4 (quarto). Namun jika ternyata dokumen yang sudah kita buat menggunakan ukuran kertas A4 tersebut diwajibkan untuk dicetak menggunakan kertas A5, apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus meng-edit ulang dokumen tersebut, karena ukuran kerta A5 berbeda (lebih kecil) dari ukuran kertas A4. Atau bagaima?

Cara Mencetak A4 Menjadi A5 Di Ms. Word

Pada kesempatan ini, melalui artikel ini Saya akan memberikan tutorial mengenai solusi tersebut, dan berikut merupakan pembahasan lengkapnya:

Ukuran Kertas A4 Dan A5

Seperti yang sudah Saya jelaskan di atas, dan pastinya kita juga sudah mengetahui bahwa antara ukuran kertas A4 dan A5 berbeda, ukuran kertas A5 lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kertas A4, berikut merupakan rincian untuk ukuran kertas A4 dan A5:

Ukuran Kertas A4

  1. Ukuran kertas A4 dalam milimeter : 210x297 mm
  2. Ukuran kertas A4 dalam centimeter : 21x29,7 cm

Ukuran Kertas A5

  1. Ukuran kertas A5 dalam milimeter : 210x148 mm
  2. Ukuran kertas A5 dalam centimeter : 21x14,8 cm

Mencetak Dokumen A4 Menjadi A5 Di Ms. Word

Untuk mencetak dokumen yang sudah kita setting menggunakan ukuran kertas A4 di aplikasi Ms. Word kita bisa memanfaatkan fitur Scale to Paper Size yang ada di aplikasi Ms. Word itu sendiri, tepatnya pada menu Print

Yang pasti, kita harus menyiapkan kertas A5 terlebih dahulu, jika kita belum punya, kita bisa memanfaatkan kertas A4 yang sudah ada. Dengan cara memotongnya menjadi 2 (dua) bagian, namun pada salah satu bagian ada yang masih ukurannya lebih lebar, dan kita harus memotongnya sedikit agar kedua bagian tersebut memiliki ukuran yang sama. Jika kertas A5 yang kita butuhkan sudah ada selanjutnya kita praktekkan langsung melalui aplikasi Ms. Word seperti berikut ini:

  • Pada lembar kerja aplikasi Ms. Word, kita klik pada Menu Print seperti biasa (pada saat kita ingin mencetak dokumen). 
  • Pada jendela Menu Print, kita klik pada pilihan (opsi) yang paling bawah, yaitu pada pilihan 1 Page Per Sheet:
Cara Mencetak A4 Menjadi A5 Di Ms. Word

  • Klik pada pilihan Scale to Paper Size dan pilih pada ukuran kertas A5 seperti pada gambar di bawah ini:
Cara Mencetak A4 Menjadi A5 Di Ms. Word

  • Pastikan kertas A5 sudah terpasang di Printer, dan lanjutkan dengan klik Print.
Demikian artikel mengenai Cara Mencetak A4 Menjadi A5 Di Ms. Word, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih dan selamat mencoba.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.