TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Ogel-Ogel Kudapan Gurih Khas Pemalang

 MlatenMania.com - Mungkin kebanyakan dari kita mengenal makanan khas Pemalang hanyalah Grombyang saja, padahal ada banyak lagi makanan-makanan lain yang ada di Pemalang. Dan salah satunya adalah Ogel-Ogel.

Ogel-Ogel Kudapan Gurih Khas Pemalang

Apa Itu Ogel-Ogel?

Ogel-Ogel adalah Sejenis kerupuk berbentuk kecil lonjong; panjangnya sekitar 2-3 centimeter; warnanya putih kecokelatan dengan rasa yang gurih; begitulah ciri khas ogel-ogel. Kudapan khas Kabupaten Pemalang itu sering dijadikan buah tangan para pelancong yang melakukan lawatan ke Kota Ikhlas.

Ogel-Ogel sendiri terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan gula, garam, keju dan bumbu khusus. Kudapan ini bertekstur renyah dan rata-rata nggak mengandung pengawet, jadi, aman kalau dikonsumsi tiap hari.

Ogel-Ogel hadir pada tahun 2005 melalui tangan kreatif Ibu Isom seorang warga di Perumahan BTN Kaligelang. Melalui proses yang panjang kini ogel-ogel dikenal khalayak luas, tidak hanya di Pemalang melainkan di berbagai kota.

Nama ogel-ogel sendiri diambil dari bentuknya yang mirip ulat bergerak-gerak “ogel-ogel”. Menurut Ibu Isom ogel-ogel memiliki arti sesuatu yang bergerak. Ia berharap ogel-ogel ini akan terus ada sebagai warisan kuliner Pemalang yang akan terus ada hingga masa mendatang.

Cara Membuat Ogel-Ogel

1. Bahan-Bahan

  • 5 buah kentang
  • 175 gram keju parut
  • 250 gram tepung maizena
  • 2 sendok makan oregano

2. Cara Membuat

  • Cuci bersih kentang lalu rebus sampai kentang empuk, lalu kupas kulitnya
  • Siapkan wadah lalu masukkan kentang, keju, tepung dan oregano. Haluskan dan aduk rata
  • Uleni sampai kalis, jika sudah kalis bentuk adonan memanjang seperti stik. Kemudian potong-potong 2-3 cm
  • Panaskan minyak dan goreng adonan sampai matang dan harum, angkat dan tiriskan
Demikian artikel mengenai Ogel-Ogel Kudapan Gurih Khas Pemalang.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.