TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Pengertian Dan Jenis-jenis Pasar

 MlatenMania.com - Kemunculan pasar diawali oleh keinginan beberapa orang untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga pasar diawali dengan adanya barter atau saling bertukar barang yang dipunya dengan barang yang sedang dibutuhkan. Seperti petani yang menghasikan sayuran menukarkan dengan kebutuhannya kepada seorang peternak yang menghasilkan hewan ternak, untuk kegiatan barter dapat dilakukan dimanapun.

Pengertian Dan Jenis-jenis Pasar

Pengertian Pasar

Dalam artian umum pasar merupakan tempat dimana bertemunya penjual (penawaran) dan pembeli (permintaan) dan bertransaksi barang atau jasa secara langsung dengan harga yang sudah ditentukakan BPKP (2007).

Jenis Pasar Berdasarkan Cara Transaksi

Pasar dalam cara transaksinya dapat dibagi menjadi dua jenis. Antara lain adalah pasar modern dan pasar tradisional. Meskipun berbeda, kedua jenis pasar ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga calon membeli dapat memilih sesuai kebutuhan dan kondisi masing-masing. Berikut adalah jenis-jenis pasar berdasarkan cara transaksinya :

1. Pasar Modern

Dalam Permendagri no 42 tahun 2017, pasar modern merupakan pasar yang mengutamakan pelayanan, kenyamanan berbelanja dan dikelola secara modern, dengan manajemen yang dikelola oleh satu tangan, dan dilengkapi label harga yang pasti. Di pasar modern penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara tidak langsung, sehingga tidak ada kegiatan tawar menawar dan pembayarnnya bisa secara cashless atau tanpa uang tunai dan melalui transfer, selain itu konsumen dapat melihat label harga dengan jelas dengan harga yang sudah pasti karena harga setiap barang sudah dicantumkan pada rak barang.

2. Pasar Tradisional

Dalam Permendagri no 42 tahun 2017, pasar tradisional merupakan pasar yang dibangun oleh kelompok masyarakat setempat atau pemerintah dengan model yang kecil dan skala usaha kecil. Sedangkan dalam proses jual belinya masih bisa silakukan tawar menawar. Definisi pasar tradisional lainnya menyebutkan pasar tradisional merupakan tempat untuk bertemunya antara penjual dan juga pembeli saat melakukan transaksi jual beli yang dilakukan secara langsung atau interaksi langsung. Sehingga tawar menawar merupakan hal yang wajar dalam bertransaksi. Biasanya pasar tradisional menggunakan bangunan seperti kios, los, gerai dan tenda. Pada Umumnya pasar terbentuk dengan bangunan yang memiliki dasaran terbuka yang dimiliki oleh beberapa penjual atau pengelola pasar yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

Di Indonesia, Pasar tradisional dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah. Walaupun zaman sudah mulai maju dan banyak pasar yang memiliki konsep lebih modern, pasar tradisional masih bertahan dan masih diminati oleh masyarakat.

Jenis Pasar Berdasarkan Waktu

Berikut adalah jenis-jenis pasar jika dilihat dari waktu operasionalnya :

1. Pasar Harian

Pasar harian merupakan pasar yang mulai beraktifitas dan buka setiap hari. Pada umumnya, pasar harian merupakan pasar yang menjual berbagai jenis barang kebutuhan untuk konsumsi seperti makanan dan minuman, kebutuhan untuk jasa, kebutuhan bahan mentah hingga berbagai kebutuhan lainnya.

2. Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar yang dibuka setiap seminggu sekali. Biasanya pasar mingguan dapat ditemukan di daerah pedesaan maupun di perkotaan. Pasar mingguan dapat beriringan dengan acara car freeday di suatu jalan atau wilayah yang diadakan seminggu sekali.

3. Pasar Bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang diadakan setiap sebulan sekali. Pasar ini beraktifitas dilokasi atau daerah tertentu. Pembeli yang datang ke pasar bulanan biasanya mencari barang-barang tertentu, dan biasanya sudah berencana untuk dijual kembali.

4. Pasar Tahunan

Pasar tahunan adalah pasar yang selalu diadakan setiap satu tahun dalam sekali. Pada umumnya pasar tahunan bersifat nasional. Biasanya pasar tahunan juga hanya muncul untuk tujuan promosi, baik terhadap suatu produk yang baru atau produk lama.

Demikian artikel mengenai Pengertian Dan Jenis-jenis Pasar, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesemapatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.