TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)

 MlatenMania.com - Hyperlink sering digunakan untuk menghubungkan satu file atau dokumen dengan file lainnya. Hyperlink juga sering dipakai untuk menunjukkan lokasi teks ataupun obyek yang sedang diperlihatkan. Hyperlink bisa dengan mudah ditemui saat kita mencari informasi di laman situs. Dalam penerapannya, hyperlink sering juga disebut sebagai link.

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)


Pengertian Hyperlink

Hyperlink (pranala) adalah suatu cara untuk menghubungkan suatu bagian tertentu di dalam slide, file dokumen, program, atau halaman website dengan bagian yang lainnya pada bidang tersebut.

Jadi, saat ada suatu link diklik, pembaca akan diarahkan ke halaman tertentu untuk membuka file atau dokumen lain yang dapat memudahkan para pembaca. Tidak hanya itu, hyperlink juga bisa membantu pembaca untuk pindah dari satu halaman ke tampilan halaman yang lain tanpa koneksi internet.

Pada aplikasi Microsoft Office Powerpoint, hyperlink bisa diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan kemudahan untuk menghubungkan sebuah file yang berbeda. Selain itu juga hyperlink berguna menghubungkan banyak slide pada suatu file Power Point sehingga bisa lebih cepat untuk mencari file atau slide yang ingin dilihat.

Cara Membuat Hyperlink Di Powerpoint

Berikut merupakan contoh membuat hyperlink di dalam lembar kerja Ms. Powerpoint:

Pada contoh ini Saya menggunakan sebuah file PPT (Powerpoint) yang di dalamnya terdapat 4 (empat) slide. Dimana nantinya akan Saya buat tombol-tombol yang nantinya bisa berfungsi untuk membuka slide-slide yang lain sesuai yang ditentukan.

1. Buat beberapa tombol menggunakan Shape berjumlah 4 (disesuaikan dengan jumlah slide);
2. Masing-masing shape/tombol tersebut beri angka 1 sampai dengan 4, seperti contoh di bawah ini:

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)

3. Kemudian klik kanan pada tombol 2 kemduian pilih Hyperlink

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)

4. Kemudian di dalam jendela Insert Hyperlink klik pada pilihan Place in This Document, kemudian klik pada Slide 2 (karena kita menerapkannya di tombol nomor 2), selanjutnya klik tombol OK. Perhatikan gambar di bawah ini:

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)

5. Lakukan seperti langkah di atas untuk tombol lainnya, yang pasti sesuaikan lokasi slide dengan nomor tombol masing-masing.

6. Jika semua sudah, kita copy ke-empat tombol tadi ke setiap Slide, sehingga di setiap Slide terdapat keempat tombol terebut, perhatikan gambar di bawah ini:

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)

7. Langkah ini sekedar tambahan, agar nantinya tombol hyperlink yang sudah kita buat memiliki animasi, yaitu dengan memberi warna berbeda pada tombol (disesuaikan dengan nomor dan slide masing-masing). Pada contoh Saya akan memberikan warna kuning pada tombol 1 di Slide ke 1 dan begitu juga pada tombol lainnya.

Untuk lebihjelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT)

Seperti yang ditampilkan pada gambar di atas, nomor tombol Saya warnai berbeda di masing-masing Slide (disesuaikan antara nomor tombol dan posisi slide). Dengan demikian pada saat kita jalankan presentasinya seolah-olah tombol tersebut memiliki animasi.

Demikian mengenai Membuat Hyperlink Di Powerpoint (PPT), mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.