TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tanaman Lidah Buaya

 MlatenMania.com - Tanaman lidah buaya merupakan tanaman hias yang memiliki kandungan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman tersebut dapat dijumpai dimanamana, baik didaerah panas maupun dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan. Oleh karena itu, tanaman tersebut dapat ditanam didalam pot dan diletakkan diteras depan rumah sebagai tanaman hias.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Tanaman Lidah Buaya
Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman serba guna untuk kesehatan. Karena memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kehidupan manusia maka tanaman ini mendapatkan julukan tanaman ajaib. Komposisi serat pangan dalam tanaman lidah buaya antaralain meliputi, selulosa, substansi pektat, lignin dan mannan. Serat pangan telah diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia. Aplikasi lidah buaya dalam proses produksi pangan akan memberikan nilai tambah pada produk pangan yang dihasilkan.

Lidah buaya juga dapat diolah menjadi berbagai produk makanan dan minuman, minuman berupa sejenis jelly, minuman segar sejenis jus, nata de aloe, dawet, dodol, selai dan lain - lain. Makanan dan minuman hasil olahan lidah buaya sangat berpotensi sebagai makanan atau minuman kesehatan. Hal tersebut disebabkan oleh kombinasi kandungan zat gizi dan non gizi yang memiliki khasiat untuk mendongkrak kesehatan.

Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Klasifikasi tanaman lidah buaya sebagai berikut:

Kerajaan : Plantae
Divisi : Angiospermae
Bangsa : Monocotyledoneae
Suku : Liliaceae
Marga : Aloe
Jenis : Aloe vera

Karakteristik Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama dijuluki sebagai tanaman obat (medical palant) atau tanaman penyembuhan utama (master healing). Tanaman ini menyerupai kaktus, daunnya meruncing berbentuk taji, bagian dalamnya bening, bersifat getas dengan tepi bergerigi. Bagian dalam daging daun lidah buaya ini dipenuhi getah dan daging berlendir tanpa warna. Teksturnya kenyal dan mudah hancur. Getah daging lidah buaya mengandung 22 asam amino yang 8 diantaranya adalah asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Selain itu daging daun lidah buaya bersifat antikanker. Polisakarida dan flavonoid yang terdapat pada daging daun lidah buaya juga bersifat sebagai antioksida. Karboksipeptidase juga bisa bersifat antiinflamasi, hemiselulose dan mannan bersifat untuk perumbuhan dan perbaikan kulit.

Bagian-bagian dari tanaman lidah buaya yang umum dimanfaatkan adalah:

  • Daun yang dapat dimanfaatkan langsung, baik secara tradisional maupun dalam bentuk ekstrak.
  • Eksudat (getah daun yang keluar bila dipotong, berasa pahit dan kental) secara tradisional biasanya digunakan langsung untuk pemeliharaan rambut, penyembuh luka dan sebagainya.
  • Gel (bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat dalam daun setelah eksudat dikeluarkan) bersifat mendingin dan mudah rusak karena oksidasi, sehingga diperlukan proses pengolahan lebih lanjut agar diperoleh gel yang stabil dan tahan lama. Gel lidah buaya mengandung karbohidrat tercerna, sehingga dapat digunakan sebagai minuman diet. Gel lidah buaya tersusun oleh 96% air dan 4% padatan yang terdiri dari 75 komponen senyawa yang berkhasiat. Khasiat hebat yang dimiliki aloe vera yang terkait dengan ke- 75 komponen tersebut secara sinergis.

Kandungan Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung air sebanyak 95%. Sisanya berupa bahan aktif lain (minyak esensial, asam amino, mineral, vitamin, enzim, dan glikoprotein).

Berikut kandungan nutrisi lidah buaya:

Kandungan Nutrisi Jumlah/100 g
Energi (kkal) 4,0
Protein (g) 0,1
Lemak (g) 0,2
Karbohidrat (g) 0,4
Kalsium (mg) 85
Fosfor (mg) 186
Zat Besi (mg) 0,8
Vitamin B1 (mg) 0,01

Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Batang merupakan salah satu bagian dari tumbuhan. Selain sebagai tempat pelekatan daun, bunga dan buah, batang juga berfungsi sebagai jalan pengangkutan air dan zat-zat mineral yang terlarut didalamnya. Batang lidah buaya (Aloe vera L.) berukuran pendek dan tidak terlihat karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam juga di tanah. Lidah buaya (Aloe vera L.) yang bertangkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun. Batang lidah buaya (Aloe vera L.) juga dapat distek untuk proses perbiakan tanamaan.

Daun tanaman lidah buaya (Aloe vera L.) berbentuk pita dengan helaian yang memanjang. Tanaman lidah buaya (Aloe vera L.) tahan terhadap kekeringan karna di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang dapat dimanfaatkan . Bentuk daunya menyerupai pedang dengan ujung meruncing, permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas diujungnya. Panjang duan lidah buaya (Aloe vera L.) dapat mencapai 50-70 cm, dengan berat 0,5 kg-1kg. daun melingkar rapat disekelilingi batang bersaf-saf.

Bunga lidah buaya (Aloe vera L.) berwarna kuning atau kemerahaan berupa pipa yang mengumpulkan, keluar dari ketiak daun. Bunga ini berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian, dan panjang bunga bisa mencapai 1 meter. Bunga biasanya muncul bila lidah buaya (Aloe vera L.) ditanam dipegunungan, sedangkan di dataran rendah, tanaman lidah buaya (Aloe vera L.) jarang berbunga.

Akar tanaman lidah buaya (Aloe vera L.) berbentuk serabut. Akar serabut tanaman ini cukup pendek dan tumbuh disekitar permukaaan tanah. Panjang akar berkisar antara 50cm-100cm. karena letaknya dipermukaan tanah, pada musim kemarau , embun yang menempel dapat dihisap langsung oleh akar tanaman. Oleh karena sifatnya ini, untuk dapat tumbuh subuh dan sehat, tanaman lidah buaya (Aloe vera L.) menghendaki tanah yang gembur di bagian atasnya.

Kandungan Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya mengandung berbagai komposisi yang bermanfaat untuk kelembapan kulit, penyubur rambut, antiseptik, antibiotik, antioksidan dan anti penuaan. Antioksidan pada lidah buaya terdapat pada kandungan polisakrida, khususnya mannose-6-fosfat dan flavonoid yaitu kaempeferol, quercertin dan merycerin.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk perawatan tubuh:

1. Merawat kulit

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya bermanfaat bagi kulit. Lidah buaya kaya akan mineral yang penting dan bermanfaat untuk melembabkan kulit. Kandungan vitamin C dan vitamin E pada lidah buaya sangat efektif mengencangkan kulit. Selain itu lidah buaya juga digunakan sebagai bahan kosmetik untuk membuat produk seperti lipstick, pelembab kulit, shampoo, pembersih muka, dan lain-lain.

2. Merawat kulit kepala dan rambut

Lidah buaya bermanfaat untu menyuburkan rambut sekaligus membuat rambut menjadi lebih lembut. Manfaat ini dari lidah buaya seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, asam folat dan enzim.

Demikian artikel mengenai Mengenal Lebih Dekat Dengan Tanaman Lidah Buaya, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.