TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Sekilas Info Mengenai Musisi Ahmad Dhani

 MlatenMania.com - Musisi adalah seseorang yang memainkan suatu alat musik dengan kepekaan, pengetahuan atau bakat seseorang terhadap musik, atau bisa juga berarti kualitas atau keadaan dari sesuatu yang bersifat musik. Musisi dapat tercipta dari kematangan konsep dalam komposisi musik yang dibuat. Menurut kesimpulan dari penelitian Emha Ainun Nadjib, Rolling Stones(2009) “Sebagai musisi harus membuat kualitas dari keinginan seseorang untuk menghayati emosi, irama, pemikiran dan ingatan musik, kualitas nyanyian, pendengaran, dan jangkauan suara, yang bersifat timbal balik saat mendengarkan sebuah musik. Seorang musisi dapat meningkatkan usaha-usaha aktif tertentu seperti, lebih sering mendengar musik, bernyanyi, dan memainkan alat musik.

Sekilas Info Mengenai Musisi Ahmad Dhani
Ahmad Dhani

Sepenggal Kisah Ahmad Dhani

Dhani Ahmad Prasetyo (Ahmad Dhani) lahir di Surabaya propinsi Jawa Timur pada tanggal 26 Mei 1972 dan sekarang sudah berumur 40 tahun. Ahmad Dhani adalah seorang musisi dan produser di Indonesia. Ahmad Dhani merupakan leader dari grup band Dewa 19 dan juga personel grup band The Rock. Ahmad Dhani adalah seorang pemilik dan pimpinan dari Republik Cinta Management. Ahmad Dhani telah mencetak banyak hits dan mengorbitkan sejumlah artis melalui karya yang telah dibuatnya.

Bakat musik Ahmad Dhani sudah dimulai pada saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Surabaya. Ahmad Dhani bersama tiga orang sahabatnya yaitu Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso mendirikan grup band Dewa 19 pada tahun 1986. Ahmad Dhani bertindak sebagai vokal dan keyboard beserta produser pada Dewa 19. Ahmad Dhani sering tidak masuk sekolah untuk berkumpul bersama teman-temannya pada grup band Dewa 19 dan memainkan alat musik di rumah Wawan di kawasan komplek Universitas Airlangga. Ahmad Dhani semula berjalan pada jalur rock, kemudian mencoba pada jalur musik jazz yang kemudian diikuti perubahan nama Dewa 19 menjadi Downbeat. Bersama Downbeat, Ahmad Dhani sempat menjuarai Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA 90 dan juara II Djarum Super Fiesta Musik. Namun akhirnya Ahmad Dhani kembali ke jalur rock dan lebih mengutamakan Dewa 19 dengan tambahan Ari Lasso.

Pada saat itu tidak adanya studio yang memadai di Surabaya, pada tahun 1991 Ahmad Dhani pindah ke Jakarta untuk mencari perusahaan rekaman yang akan memberikan label rekaman kepada Dewa 19. Dengan modal yang sangat minimal, Ahmad Dhani memulai karirnya di Jakarta. Perjalanan Dewa 19 menuju penjualan album pertama. Dengan biaya sepuluh juta Dewa 19 berangkat dari Surabaya ke Jakarta untuk membuat rekaman sepuluh lagu di Studio 15 yang dimiliki oleh JK Record, Judy Kristianto, yang terletak di kawasan Petojo-Jakarta Pusat. Dewa 19 dengan penuh semangat berangkat menggunakan kereta Jayabaya kelas ekonomi, pada saat itu Ahmad Dhani selalu pergi dengan membawa Keyboard.

Pada akhirnya rekaman selesai akhirnya semua personel Band Dewa 19 kembali ke Surabaya, kecuali Ahmad Dhani yang tetap tinggal di rumah neneknya di daerah Bogor, karena kemudian Ahmad Dhani bermaksud memasarkan album pedana Dewa 19. Tetapi tidak sesuai yang diharapkan, proses penjualan master dari album perdana Dewa 19 yang ditawarkan tersebut ke beberapa perusahaan rekaman tidak mendapatkan hasil, semua perusahaan menolak karena hasil musik Dewa 19 dianggap berbeda dari band lain oleh produser musik Indonesia.

Kegagalan Ahmad Dhani akhirnya dibantu oleh Ipung sound enginner dari Studio 15 untuk menawarkan hasil rekaman tersebut kepada perusahaan Team Record, melalui A&R Jan N. Juhana. Pada Akhirnya Dewa 19 berhasil masuk Team Record, tetapi perusahaan tersebut hampir tutup. Pilihan kerjasama Dewa 19 dan Team Record menggunakan sistem titip edar. Sistem bisnis titip edar membuat Band Dewa 19 secara mandiri bertanggung jawab atas seluruh biaya promosi karena Team Record hanya akan membiayai distribusi dan peredaran album. (Masyamsul Huda, 2006).

Video Klip lagu dengan judul “Kangen” akhirnya dipromosikan pada acara Selecta Pop TVRI yang telah menjadi awal kesuksesan Dewa 19. Penjualan album pertama mencapai 170 ribu copy, dan kemudian permintaan untuk tampil live mulai berdatangan. Album perdana Dewa 19 pada tahun 1992 akhirnya sukses dengan mengeluarkan beberapa lagu. Album pertama tercatat sebagai album paling laku pada tahun 1993 dan akhirnya Dewa 19 dianugerahi sebagai pendatang baru terbaik (Desak Gde Kalpika Aditama, 2010:6).

Karya Musik Ahmad Dhani

Ahmad Dhani adalah seorang musisi rock dan pengusaha berkebangsaan Indonesia. Ahmad Dhani merupakan pendiri dan pemimpin grup musik Dewa 19 yang merupakan salah satu band paling sukses sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an. Ahmad Dhani telah membuat beberapa karya yang berhasil yang akhirnya telah menjadi sebuah band. Band-band yang telah dibuat yaitu Dewa 19, Ahmad Band, The Rock, Triad, dan Mahadewa. Berikut ini beberapa band yang pernah Ahmad Dhani buat diantaranya:

1. Dewa 19

Suksesnya Dewa 19 berlanjut di album-album berikutnya. Hingga saat ini tak kurang dari sebelas album yang telah dirilis Ahmad Dhani bersama Dewa 19, antara lain adalah Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), The Best Of Dewa 19 (1999), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Atas Nama Cinta I & II (2004), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta(2006), dan Kerajaan Cinta (2007). Meski telah beberapa kali mengalami pergantian personel, sampai saat ini Dewa 19 tidak hilang dari blantika musik Indonesia. (Masyamsul Huda, 2006).

Ahmad Dhani terkenal sebagai seorang musisi, penulis lagu, penata musik, dan juga sebagai produser di Indonesia. Dari semua kegiatan yang telah Ahmad Dhani tekuni maka telah timbul beberapa album dari band Dewa 19 yang telah Ahmad Dhani ciptakan, beberapa di antaranya yaitu:

a. Dewa 19 (1992)

Dewa 19 adalah album pertama karya grup band Dewa 19 yang dirilis pada tahun 1992. Album pertama Dewa 19 ini mendapat sambutan yang sangat bagus dan berhasil memenangkan penghargaan BASF Awards sebagai "Album Terlaris 1993".

b. Format Masa Depan (1994)

Format Masa Depan adalah album kedua karya grup band Dewa 19 yang dirilis pada tahun 1994. Album ini merupakan album pertama Dewa 19 yang dirilis di bawah perusahaan rekaman HJ Productions dan di distribusikan oleh Aquarius Musikindo.

c. Terbaik Terbaik (1995)

Terbaik Terbaik adalah album ketiga karya grup band Indonesia Dewa 19. Album ini dirilis pada tahun 1995 oleh perusahaan rekaman Delta Production dan di distribusikan oleh Aquarius Musikindo. Album ini melejitkan sejumlah hits seperti "Cukup Siti Nurbaya", "Satu Hati (Kita Semestinya)", "Cinta 'Kan Membawamu Kembali", dan lainnya.

d. Pandawa Lima (1997)

Pandawa Lima adalah album keempat karya grup band Dewa 19 yang dirilis pada tahun 1997. Album ini merupakan album terakhir Dewa 19 bersama Ari Lasso sebagai vokalis. Ari Lasso dan Erwin Prasetyo mengalami ketergantungan narkoba, sehingga kedua personel Dewa 19 ini terpaksa dikeluarkan.

e. The Best Of (1999)

The Best Of Dewa 19 adalah album kumpulan karyakarya terbaik Dewa 19 yang dirilis pada tahun 1999. Album ini memuat lagu-lagu terbaik Dewa 19 sejak album pertama Dewa 19 (1992) hingga Pandawa Lima (1997). Album ini memuat 2 buah lagu baru yaitu "Elang" dan "Persembahan Dari Surga". Album ini merupakan album perpisahan Dewa 19 dengan Ari Lasso sebelum akhirnya digantikan oleh Once.

f. Bintang Lima (2000)

Bintang Lima adalah album ke lima yang dirilis band Dewa tahun 2000. Di album ini Dewa memperkenalkan dua personel barunya, yaitu Once sebagai vokalis dan Tyo Nugros sebagai drummer. Kehadiran 2 personel baru ini membawa angin segar pada musik Dewa. Album ini meledak di pasaran dan sukses terjual hingga mencapai 1,7 juta keping. Album ini merupakan album tersukses sepanjang karier Dewa. Album ini mencetak sejumlah hits termasuk "Roman Picisan", "Separuh Nafas" dan "Risalah Hati".

g. Cintailah Cinta (2002)

Cintailah Cinta adalah album ke enam karya grup band Dewa. Album ini dirilis pada tahun 2002 di bawah label Aquarius Musikindo. Album ini kembali mengulangi sukses album Dewa sebelumnya dengan angka penjualan mencapai lebih dari 1,04 juta kopi. Album ini melahirkan beberapa hits seperti "Pupus", "Arjuna", "Kasidah Cinta" dan lainnya.

h. Atas Nama Cinta (2004)

Album live karya grup band Dewa 19, yang dirilis pada tahun 2004. Seluruh lagu di album ini merupakan rekaman konser Dewa 19 pada saat Tour Atas Nama Cinta. Album ini dirilis dalam 2 CD, yaitu Atas Nama Cinta I dengan 11 buah lagu dan Atas Nama Cinta II dengan 10 lagu.

i. Laskar Cinta (2004)

Laskar Cinta adalah album ketujuh karya grup band rock Indonesia, Dewa 19. Album ini dirilis pada tahun 2004 di bawah label Aquarius Musikindo.

j. Republik Cinta (2006)

Republik Cinta adalah album studio ke delapan dari grup band Dewa 19. Album ini dirilis pada tahun 2006 dibawah label EMI. Secara keseluruhan, lagu-lagu di dalam album ini masih didominasi warna rock dan pop Dewa 19.

k. Kerajaan Cinta (2007)

Kerajaan Cinta adalah sebuah album kompilasi karya grup band Dewa 19 yang dirilis pada tahun 2007. Album ini memuat dua lagu baru, yaitu "Dewi" dan "Mati Aku Mati", sementara selebihnya merupakan lagu-lagu di album sebelumnya, empat lagu diantaranya diremix atau direkam ulang. Ini merupakan album terakhir Dewa, sebelum akhirnya resmi dibubarkan pada tahun 2011.

2. Ahmad Band

Ahmad Dhani memiliki kesibukan dengan kegiatan lain. Pada tahun 1998 Ahmad Dhani membuat band solo yaitu Ahmad Band. Ahmad Band adalah proyek Ahmad Dhani. Di band ini Dhani ditemani oleh Andra Ramadhan (Dewa19 - gitar), Parlin Burman (Slank - gitar), Bongky Ismail Marcel (Slank - bass), dan Bimo Sulaksono (Dewa 19 dan Netral - drum). Album Ahmad Band diberi nama “Ideologi, Sikap & Otak” dan mengeluarkan beberapa judul lagu yaitu Distorsi, Dimensi, Bidadari di Kesunyian, Sudah, Dunia Lelaki, Rahasia, Impotent, Aku Cinta Kau dan Dia, Interupsi, Gairah Tak Biasa, Ode Buat Extrimist. (Aquarius Musikindo, 1998).

3. The Rock

Ahmad Dhani bergabung dengan anggota band Hospital The Musical, yaitu Clancy Alexander Tucker, Zachary Haidee Keene, Michael Bennett di Studio 301, Sydney Australia. Dari pertemuan itu akhirnya Ahmad Dhani membuat proyek dengan grup band baru. Niat Ahmad Dhani akhirnya berhasil untuk bisa menaikan kedudukan dengan membuat band dengan beberapa personil internasional dan akhirnya Ahmad Dhani menerima tawaran tersebut dan terbentuklah band The Rock akan tetapi band Hospital The Musical tidak bubar dan Ahmad Dhani juga tidak meninggalkan Dewa 19. Pada Agustus 2007, lahirlah album pertama The Rock dengan tajuk Master Mister Ahmad Dhani I yang membuat single ”Munajat Cinta”.

Salah satu musik kesenangan Ahmad Dhani adalah musik Jazz. Ahmad Dhani berkerja sama dengan Tim Oram, musisi Jazz dari Sydney. Bersama Tim Oram, Ahmad Dhani berkolaborasi dengan musisi-musisi jazz di Australia. Sampai tahun 2009 sudah terdapat empat lagu Jazz di album The Rock, Ahmad Dhani merilis album seratus persen Jazz dengan judul The Best Is Yet To Come. (Masyamsul Huda, 2006).

The Rock terdiri dari personil Internasional, Australia. Yaitu dari Mark Williams, Zachary Haidee-Keene, Michael Bennett, Clancy Alexander Tucker serta Dhani sendiri.

4. T.R.I.A.D

Pada tahun 2010 Ahmad Dhani bertemu dengan personel 5 anggota yaitu Cameria Happy Pramita (Gitar,Backing Vocal), Ices (Bass), Tharaz Bistara (Gitar), Ikmal Tobing (Drummer) dan Terakhir Wahyu Sudiro (Gitar) pada Launching Album Triad di The Rock Cafe Jakarta pada tanggal 19 Feb 2010 yang sudah merilis album dengan hits single nya "Makhluk Tuhan Paling Sexy" milik penyanyi Mulan Jameela hits single kedua berjudul "Mustapha" milik Grup Band Barat Queen dan terakhir 2010 hits ketiga berjudul "Selir Hati". (Masyamsul Huda, 2006).

5. Mahadewa

Ahmad Dhani membuat sebuah band baru yaitu Mahadewa yang merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 2011. Mahadewa beranggotakan enam orang yaitu Judika Sihotang (Vocal), Ahmad Dhani (Vocal, Keyboard), Muhammad Andri (Gitar), Wawan TMG (Bass), Ikmal Tobing (Drum), dan Vega Antares (Gitar). Mahadewa sudah memiliki dua single dari tahun 2011, dan “Cinta Itu Buta” merupakan single terbaik dari Mahadewa.

Demikian artikel mengenai Sekilas Info Mengenai Musisi Ahmad Dhani, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.