TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code

 Jika sebelumnya Saya mempublikasikan artikel mengenai Cara Menyisipkan Google Maps Ke Dalam Artikel Atau Halaman Statis Blogger, pada kesempatan ini Saya akan berbagi sebuah informasi mengenai Cara Mengubah Alamat Dari Google Maps Menjadi QR Code. Dan berikut merupakan pembahasan lengkapnya:

Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code

Apa itu QR Code?

QR Code adalah singkatan dari Quick Response Code, yang merupakan sebuah teknologi matriks dua dimensi yang mampu menyimpan berbagai jenis informasi di dalamnya. Informasi yang dapat ditampung oleh sebuah QR Code mencapai 7089 digit angka dan 4296 karakter alphanumeric.

QR Code dapat menampung informasi dalam jumlah banyak sebab ia menggunakan teknologi dua dimensi yang dapat mengkodekan informasi secara melintang dan membujur. Berbeda dengan Barcode yang menggunakan teknologi satu dimensi dan hanya dapat mengkodekan informasi dalam arah melintang saja.

Pastinya Sobat Blogger pernah atau bahkan sering melihat QR Code ini, baik di poster, bungkus makanan, website atau juga di sebuah undangan pernikahan. Dan artikel ini yang akan Saya bahasa adalah cara membuat QR Code dari sebuah alamat yang kita dapatkan dari Google Maps. Dengan kita mengubah alamat yang kita dapatkan dari Google Maps menjadi sebuah QR Code pastinya akan menjadikan mudah pada saat kita membagikan ataupun membuka ulang alamat tersebut. Dan bagi Anda yang memiliki usaha percetakan undangan, baik undangan pernikahan, khitanan atau yang lainnya hal ini akan sangat bermanfaat, karena kita bisa menambahkan alamat dari yang punya hajat hanya dengan sebuah QR Code yang kita sisipkan ke dalam blangko undangan tersebut.

Mengubah Alamat Dari Google Maps Menjadi QR Code

Untuk mengubah sebuah alamat yang kita dapatkan dari Google Maps menjadi QR Code, kita bisa menggunakan sebuah situs/website yang bernama QR Code Generator. Dengan menggunakan situs ini kita bisa mengubah alamat yang kita dapatkan dari Google Maps menjadi sebuah QR Code. Berikut alamat dari QR Code Generator tersebut:

https://www.the-qrcode-generator.com/

Kita bisa langsung mem-paste-kan alamat yang sudah kita copy atau bisa kita ketik secara langsung ke dalam tempat yang sudah disediakan di QR Code Generator tersebut. Contoh:

Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code


Di QR Code Generator ini bukan hanya link saja yang bisa kita ubah menjadi QR Code, namun juga kita bisa membuat QR Code dari beberapa pilihan lainnya, diantaranya adalah seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code


Catatan:

Kita bisa menambahkan logo atau gambar ke dalam QR Code jika kita sudah menjadi pengguna (user) di QR Code Generator ini, dan untuk menjadi pengguna kita tidak perlu membayar alias gratis.

1. Buka Google Maps, kemudian tentukan alamat yang akan kita ubah menjadi QR Code, kemudian klik tombol bagikan setelah alamat yang kita maksud sudah sesuai, perhatikan gambar di bawah ini:



2. Maka kan muncul jendela Bagikan, di dalam jendela tersebut kita klik tombol Salin Link:

Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code

3. Buka QR Code Generator dan paste/tempel link yang sudah kita copy/salin tadi, perhatikan gambar di bawah ini:



Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code


Secara otomatis akan muncul QR Code di sebelah kanan, seperti pada gambar di atas. Ada banyak model QR Code yang bisa kita pilih di QR Code Generator ini. Untuk mengunduh/download QR Code tersebut kita bisa klik pada tombol download seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code


Demikian artikel mengenai Cara Merubah Alamat Google Maps Menjadi QR Code, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih dan selamat mencoba.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.