TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Cara Mengganti Favicon Bawaan Blogger Terbaru

 MlatenMania.com - Favicon adalah ikon unik pada sebuah website yang berfungsi sebagai identitas dari website tersebut. Umumnya pengelola website akan menggunakan logo perusahaan sebagai Favicon, sehingga menyempurnakan tampilan website.

Cara Mengganti Favicon Bawaan Blogger Terbaru
Favicon Blogger


Manfaat Ataupun Fungsi Dari Favicon

Keberadaan Favicon sendiri sangat penting untuk memberikan kesadaran merek, bukan hanya perusahaan besar saja melainkan situs website juga memerlukan hal ini. Berikut beberapa manfaat ataupun fungsi dari Favicon:

1. Mobile Friendly

Pengguna internet didominasi oleh mereka yang menggunakan perangkat ponsel pintar (Smartphone), kelebihan dari Favicon sering digunakan dalam penerapan aplikasi di Android dan iOS. Contoh, ketika kita mengakses Whatsapp di ponsel maka kita hapal betul dengan Icon platform tersebut, begitupun di laman website yang terdapat Icon serupa.

2. Memperkenalkan Merk

Favicon akan sangat bagus digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek, bahkan tanpa sadar seseorang akan langsung mengenai situs kita hanya dengan melihat Icon pada tab. Coba saja, ketika kita mengakses banyak sekali tab di browser, semakin kecil ukuran tab maka akan semakin kecil kalimat yang muncul. Dan yang muncul hannyalah apa? Sudah pasti logo.

3. Membangun Rasa Percaya

Tanpa menggunakan Favicon, maka sebuah web terasa monoton. Hal ini tidak akan membangun kesan yang baik dari pengunjung. Maka dari itu, semua perusahaan pasti akan menyediakan Favicon di situs mereka. Sebut saja seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan masih banyak lagi.

Sumber : https://www.nesabamedia.com/docs/f/favicon/

Ukuran Favicon

Untuk ukuran Favicon umumnya adalah 256 x 256 px

Format File Untuk Favicon

untuk memaksimalkan tampilan Favicon pada situs web Blogger dan WordPress maka bisa menggunakan gambar dengan memilih format PNG, GIF, JPG, Ico dan Webp. Tetapi, harus diperhatikan bahwa ukuran gambar memiliki ukuran yang kecil yang tidak lebih dari 100 KB.

Cara Membuat Favicon

Untuk membuat Favicon bisa menggunakan aplikasi Photoshop ataupun aplikasi editing gambar lainnya, bisa juga dengan website yang menyediakan fitur untuk membuat Favicon.

Mengganti Favicon Di Blogger

Untuk mengganti Favicon bawaan dari Blogger yang terbaru, berikut merupakan cara ataupun langkah-langkahnya:

1. Login ke akun Blogger masing-masing (https://blogger.com);

2. Setelah berada di Dashboard Blogger, klik pada Menu Pengaturan/Settings, kemudian klik pada pilihan Favicon:

Cara Mengganti Favicon Bawaan Blogger Terbaru
Setting Favicon Blogger

3. Secara otomatis akan terbuka jendela baru (Konfigurasikan Ikon Favorit), disana kita klik pada tombol Choose File. Kemudian cari dan pilih gambar yang akan kita jadikan Favicon.

Cara Mengganti Favicon Bawaan Blogger Terbaru
Memilih File Favicon Blogger


4. Akhiri dengan klik pada tombol Simpan.

Demikian artikel mengenai Cara Mengganti Favicon Bawaan Blogger Terbaru, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.