TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bayam

 MlatenMania.com - Salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah bayam. Hal ini disebabkan karena bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat kaya vitamin dan mineral. Bayam mengandung spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium, nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin (A, C, dan K) dan piroksin B6.

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bayam
Tanaman Bayam


Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan jenis sayuran yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, karena dalam kandungan bayam terdapat banyak gizi dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Bayam sendiri mudah ditemukan karena harganya yang murah dan masa panen yang terbilang cepat. Banyak masyarakat yang menyukai jenis sayuran ini karena dipercaya memberikan khasiat untuk anak dan ibu menyusui. Hal itu dapat dibuktikan dengan takaran komposisi pada minuman susu formula untuk anak dan susu formula untuk ibu menyusui, dimana komposisi pada susu formula anak terdapat zat besi, kalium, kalsium yang tentunya terdapat dalam kandungan bayam. Menurut Drs. Raden Prasojo Sudomo. APU (Ahli Penelitian Umum) seorang ahli peneliti umum bidang holtikultura menyebutkan bahwa “memang benar bayam itu memiliki kandungan yang baik untuk khasiat anak dan ibu menyusui karena pada dasarnya, bayam memiliki kandungan gizi yang terdapat pada takaran komposisi susu formula untuk anak dan ibu menyusui, seperti kalsium, kalium, zat besi, dll”. Akan tetapi bayam juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dari cara pengolahannya tidak benar. Karena sayuran ini hanya bisa dikonsumsi untuk satu kali dan tidak boleh memanaskan kembali sayur yang sudah masak.

Pengertian Bayam

Bayam adalah salah satu jenis tanaman daun yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi, dan berbentuk tumbuhan semak. Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik, bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata “maranth” dalam bahasa yunani berarti “everlasting”.

Tanaman bayam pada mulanya hanya digunakan sebagai tanaman hias, namun dalam masa perkembangan selanjutnya tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein “Bayam adalah salah satu sayuran yang paling begizi. Bayam bermanfat mencegah berbagai penyakit karena melindungi dan memperkuat tubuh melalui berbagai cara”.

Habitat Bayam

Bayam biasanya tumbuh didaerah tropis, bayam tumbuh baik di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.400 m dibawah permukaan laut. Tanaman ini juga biasanya sering ditemukan tumbuh liar di tepi jalan, pekarangan yang tidak terawat, ladang, kebun, dan lain-lain. Tanaman bayam memerlukan cahaya matahari penuh, kebutuhan sinar matahari akan tanaman bayam cukup besar. Kelembaban udara yang cocok untuk tanaman bayam antara 40-60% dan suhu udara yang cocok untuk tanaman bayam berkisar antara 16-20 derajat Celsius.

Bayam cocok ditanam didataran rendah sampai dataran tinggi. Pertumbuhan dan produksi tanaman dapat mencapai hasil maksimal jika dibudidayakan ditempat yang terbuka dengan kondisi tanah yang subur dan gembur”.

Bayam sendiri memiliki beberapa macam jenis namun yang paling sering ditemukan dikalangan masyarakat adalah jenis bayam Amaranthus Tricolor. L ada 3 jenis bayam macam ini yaitu bayam hijau biasa, bayam merah, dan bayam putih yang warnanya hijau keputih-putihan. Dari masing-masing bayam tersebut memiliki kandungan zat besi dan mineral yang tinggi yang tentunya baik untuk kesehatan.

Jenis-Jenis Bayam

Jenis bayam budidaya dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Bayam cabut/bayam sekul atau bayam putih (amaranthus tricolor) ciri-ciri bayam cabut yaitu memiliki batang kemerah-merahan atau hijau keputih-putihan dan memiliki bunga yang keluar dari ketiak cabang. Bayam cabut yang batangnya merah disebut bayam merah (blitum rubrum) sedangkan yang batangnya putih disebut bayam putih (blitum album).
  2. Bayam kakap atau bayam sekop (amaranthus hybridus) ciri-ciri bayam ini adalah memiliki daun lebar-lebar yang dibedakan atas dua spesies yaitu:

  • Amaranthus hybridus caudatus, memiliki daun agak panjang dengan ujung runcing, berwarna hijau ke merah-merahan atau merah tua dan bunganya tersusun dalam rangkaian panjang terkumpul pada ujung batang.
  • Amaranthus hybridus paniculatus, mempunyai dasar daun yang lebar sekali, berwarna hijau, rangkaian bunga tersusun dan besar-besar pada ketiak daun.

Varietas bayam kakap/sekop unggul ada tujuh macam yaitu varietas giri hijau, varietas giri merah, maksi, raja, betawi, kop dan hijau. Sedangkan beberapa varietas bayam cabut unggul adalah cempaka sepuluh dan cempaka dua puluh.

Dari beberapa macam jenis bayam yang sering kita temukan adalah jenis bayam petik (tahun) dan jenis bayam cabut karena masa panennya yang terbilang sangat singkat dan sangat disukai oleh masyarakat karena rasanya yang gurih dan enak untuk diolah menjadi sayur untuk kebutuhan lauk sehari-hari.

1. Bayam Hijau

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bayam
Bayam Hijau

Bayam hijau adalah jenis bayam yang biasa dikonsumsi masyarakat. Bentuk daunnya yang kecil dan lembut sangat digemari oleh masyarakat, bayam ini juga disebut bayam cabut (Amaranthus Tricolor. L). Juga ada bayam berdaun lebar, tebal dan agak liat yang disebut bayam tahunan (Amaranthus Hybridus.L).

2. Bayam Merah

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bayam
Bayam Merah

Sebenarnya sayur bayam tidak hanya dikenal dengan bayam yang berwarna hijau saja. Namun ada pula bayam merah atau blitul rubrum. Cirinya yaitu memiliki batang dan daun yang berwarna merah. Memiliki tinggi batang sekitar 0.4-1 mtr dan bercabang, batang lemah dan berair, daun bertangkai, berbentuk bulat telur serta pangkal runcing berwarna merah. Jenis bayam ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Dapat dibuat lalaban, sayuran berkuah hingga salad. Bayam ini juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengkonsumsi bayam hijau dan bayam putih, msayarakat juga perlu mengkonsumsi bayam yang berwarna merah. Selain itu bayam jenis ini juga bisa dicampurkan sebagai pewarna makanan alami. Manfaat utama bayam merah adalah memperlancar sistem pencernaan, menurunkan resiko terkena kanker, mengurangi kolesterol, dan anti diabetes.

3. Bayam Putih

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bayam
Bayam Putih

Bayam putih adalah bayam yang daunnya berwarna hijau keputih-putihan, daunnya bulat, berdaging tebal dan lunak. bayam ini juga sering ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern. Bayam ini juga biasa dimasak dengan cara disayur.

Bagian-bagian Bayam

Tanaman bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi oleh masyarakat sebagai sayuran hijau dari beberapa bagian yang terdapat pada bayam seperti daun, batang, bunga, dan akar yang memiliki fungsi untuk kesehatan, berikut bagian-bagian bayam tersebut:

1. Daun Bayam

Daun pada bayam banyak memiliki kandungan serat dan mineral sehingga akan cepat lunak bila direbus terlalu lama. Proses pemasakan yang terlalu lama dapat mengurangi nilai kandungan gizi pada bayam. Melihat dari berbagai jenis macam bayam banyak segala jenis bayam dan bentuk daun yang berbeda-beda ada yang berbentuk agak panjang dengan ujung runcing, ada pula yang bentuk daunnya lebar dan bulat.

2. Batang Bayam

Batang pada bayam juga banyak memiliki kandungan serat dan mineral. Batang pada bayam memiliki fungsi untuk berfotosintesis batang bayam disebut juga batang basah karena umumnya batang ini berair dan tidak keras karena tidak ada lapisan yang berkayu, untuk batang pada jenis bayam duri memiliki duri pada bagian batangnya.

3. Bunga Bayam

Seperti halnya tanaman lain, bayam juga memiliki bunga. Bunga bayam tersusun secara besar-besar pada ketiak daun ada juga daun yang tersusun dalam rangkaian panjang terkumpul terletak pada ujung batang.

4. Akar Bayam

Akar pada bayam berfungsi untuk menyerap air dari dalam tanah yang di perlukan oleh tanaman untuk berfotosintesis. Manfaat untuk kesehatan dari akar bayam jenis bayam merah adalah untuk pengobatan akan penyakit disentri.

Kandungan Bayam

1. Kandungan Vitamin

Vitamin merupakan senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin, manusia tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

Seperti halnya vitamin dalam sayur bayam sangat berpengaruh bagi metabolisme dalam proses dan pengaturan kegiatan tubuh. “Bayam mengandung vitamin yang lengkap”(h.57). Kandungan vitamin pada bayam sangatlah banyak diantara kandungan vitamin pada bayam adalah vitamin A, B2, B6, B12, C, K, mangan, magnesium, zat besi, kalsium, kalium, dan fosfor. Berikut adalah manfaat dari masing-masing manfaat vitamin tersebut:

  • Vitamin A berfungsi untuk: menjaga penglihatan, mencegah hingga memulihkan penyakit rabun, ini juga bagus untuk kesehatan mata agar semakin bagus.
  • Vitamin B2 berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, penghasilan antibodi, pernafasan sel, terutama yang menghasilkan energi dan metabolisme asam amino.
  • Vitamin B6 befungsi sebagai metabolisme tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh. Ini baik untuk tumbuh kembang anak agar anak menjadi sehat dan kuat.
  • Vitamin C berfungsi sebagai pembentuk dan pengekal kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat tulang dan gigi, mempercepat proses metabolisme, serta menjadi antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.
  • Vitamin K sangat berperan dalam pembekuan darah dan juga berperan penting dalam proses pembentukan tulang.
  • Kandungan magnesium adalah salah satu mineral makro yang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan kita yang berperan penting dalam sistem enzim dalam tubuh. Magnesium berfungsi sebagai mencegah pembekuan darah, kerusakan gigi dengan cara menahan kalsium gigi didalam email gigi
  • Kandungan zat besi pada bayam berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga mengurangi resiko kurang darah. Zat besi juga berperan dalam produksi hemoglobin dan menyokong sistem kekebalan tubuh.
  • Kandungan mineralnya seperti kalsium dan fosfor sangat bagus untuk kesehatan tulang tubuh dan gigi agar tetap sehat dan kuat. Mineral ini juga baik untuk menghindari msalah osteoporosis dan tulang keropos.

2. Kandungan Gizi

Kandungan gizi dalam sayuran memang banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena zat gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan.

Asupan gizi sangat dibutuhkan terutama untuk proses tumbuh kembang anak sehingga pemberian kebutuhan gizi secara akurat turut menentukan kualitas tumbuh kembang sebagai sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Dalam tubuh kita memerlukan zat gizi untuk manjaga kesehatan tubuh, diantara zat gizi yang diperlukan dalam tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Jadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari dalam kehidupan perlu diperhatikan guna menjaga kestabilan tubuh seperti halnya mengkonsumsi sayuran yang merupakan bagian dari nutrisi tersebut. Kandungan gizi yang kaya akan nutrisi pada bayam juga dapat menurunkan kolesterol, gula darah, menurunkan tekanan darah, dan melancaran peredaran darah serta dapat mencegah kanker usus, diabetes, dan gagal ginjal.

Manfaat Sayur Bayam

Bayam memiliki manfaat diantaranya:

  • Manfaat bayam sebagai sumber vitamin dan mineral pasti.
  • Bayam memiliki manfaat sebagai sumber serat, karena manusia tanpa mineral pasti penyerapan makanannya akan sulit.

Manfaat pada bayam memang sangat banyak, sayur ini juga mudah dikenal dikalangan masyarakat, selain mudah ditemukan sayur bayam juga memiliki rasa yang enak. Walaupun bayam memiliki jenis yang bermacam-macam, semua bayam memiliki manfaatnya masing-masing yang berguna bagi tubuh.

Sayur bayam memang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi bayam mengandung beberapa senyawa alergenik yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan menyebebabkan gangguan kesehatan. Salah satu senyawa alergenik yang dominan adalah oksalat (oxalate). Kandungan oksalat yang terlalu tinggi pada makanan dapat mengganggu fungsi ginjal. Oksalat adalah sampah metabolisme makanan.

Walaupun sayur bayam kaya akan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, tidak semua orang dapat mengkonsumsi tanpa pantangan, karena bayam tidak dapat dikonsumsi bagi masyarakat yang memiliki penyakit hipertensi atau darah tinggi. Mengkonsumsi bayam yang masa inkubasinya terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan toksin dalam tubuh. Mengkonsumsi sayur bayam tidak boleh lebih dari lima jam setelah dimasak, karena bayam mengandung zat nitrat (NO3). Jika teroksidasi oleh udara, nitrat akan menjadi nitrit (NO2). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.

Biasanya seorang ibu akan memasak kembali sayuran yang sudah ada atau dengan kata lain menghangatkan kembali masakan tersebut untuk menekan biaya kebutuhan rumah tangganya. Padahal sudah jelas dikatakan bahwa mengkonsumsi sayur bayam yang sudah dimasak lalu dimasak kembali dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Apabila terus dilakukan dengan cara demikian maka dapat berakibat buruk pada keseimbangan gizi keluarga.

Demikian artikel mengenai Mengenal Lebih Dekat Tanaman Bayam, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini: