TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah

 Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keragaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa. Dan keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia. Indonesia juga tidak mempesona dengan wisata alam dan baharinya saja, melainkan juga menawarkan pesona dari kelazatan kuliner khas Nusantaranya. Adalah Kabupaten Pemalang, sebuah wilayah yang terletak di garis Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah ini juga memiliki beberapa makanan khas wajib Anda cicipi, dan berikut merupakan beberapa makanan khas dari Kabupaten Pemalang:

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah

Makanan Khas Kabupaten Pemalang

1. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang merupakan makanan khas Kabupten Pemalang yang sudah cukup terkenal diantara makanan khas dari Kabupaten Pemalang yang lain. Dan makanan ini juga sudah ditetapkan menjadi salah satu WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) sejak tahun 2021 yang lalu, tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2021.

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
Nasi Grombyang

Nama Grombyang sendiri diambil dari bentuk penyaiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (grombyang-grombyang). Untuk racikan/ramuannya sendiri, Nasi Grombyang ini terdiri dari nasi, irisan daging kerbau, disajikan dengan mangkuk kecil dan biasanya dilengkapi juga dengan sate jeroan kerbau.

2. Lontong Dekem

Makanan khas kedua dari Kabupten Pemalang adalah Lontong Dekem, nama Lontong Dekem sendiri diambil dari cara pengolahannya. Yaitu, sebelum disajikan lontong disiram dengan kuah santan lalu ditumpahkan lagi kemudian disiram lagi lalu ditumpahkan lagi begitu setersunya sehingga lontong menjadi terendam.

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
Lontong Dekem

Untuk racikannya sendiri, Lontong Dekem terdiri dari irisan lontong, kuah santan berwarna kuning seperti gulai serta ditaburi serundeng kelapa, kerupuk dan bawang goreng dan biasanya disajikan bersama dengan sate. Lontong Dekem sendiri memiliki rasa yang pedas, namun rasa pedas tersebut bukan berasal dari cabai melainkan dari sereh yang dipakai sebagai bumbu pada kuahnya.

3. Sate Loso

Makanan Khas yang ketiga adalah Satel Loso, nama makanan ini diambil dari nama pelopornya, yaitu Pak Loso. Sate Loso sendiri merupakan sate yang bahan dasarnya adalah daging sapi ataupun daging kerbau yang diberi bumbu khas yang menjadikan dagingnya empuk, kemudian dibakar hingga setengan matang dan diberi bumbu lagi dan kemudian dibakar lagi hingga matang.

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
Sate Loso

Sebenarnya Sate Loso ini sejak jaman dulu bahan dasarnya adalah daging kerbau, namun untuk saat ini banyak pedang yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya.

4. Apem Comal

Makanan Khas keempat adalah Apem Comal, dan namanya sendiri diambil dari nama daerah dimana makanan ini banyak dibuat, yaitu Kecamatan Comal. Bahan dasar dari Apem Comal sendiri adalah tepung terigu dan gula jawa.

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
Apem Comal

5. Ogel-Ogel

Makanan Khas kelima adalah Ogel-Ogel, makanan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh bagi masyarakat Kabupaten Pemalang. Bahan dasar dari Ogel-Ogel sendiri adalah epung ketan yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan keju.

Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah
Ogel-Ogel

Demikian pembahasan mengenai Makanan Khas Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.