TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Mengenal Buah Sirsak Lebih Dekat

 MlatenMania.com - Buah Sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman yang bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari daratan Amerika Selatan. Di beberapa daerah di Indonesia mengenal buah sirsak dengan nama yang berbeda-beda, dan salah satunya contohnya adalah Jawa Tengah yang menyebut buah sirsak ini dengan nama Menoa.

Mengenal Buah Sirsak Lebih Dekat

Beberapa bagian dari tanaman ini seperti daun, biji, buah akar sampai kulit batang dapat digunakan sebagai obat-obatan. Tanaman Sirsak dapat tumbuh disembarang tempat di daerah tropis, tetapi untuk memperoleh hasil buah yang banyak dan berukuran besar sebaiknya sirsak di tanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air. Di Indonesia sendiri, tanaman sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 1000 meter.

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Buah sirsak diperkaya dengan vitamin, mineral dan serat pangan. Dan berikut merupakan kandungan gizi dalam 100 gram buah sirsak:

Kandungan Gizi Jumlah/100 gram
Air (g) 81,6
Energi (kal) 73
Protein (g) 1,0
Lemak (g) 0,30
Karbohidrat (g) 16,5
Mineral (g) 0,7
Kalsium (mg) 14,0
Besi (mg) 0,6
Fosfor (mg) 27,0
Thiamin (mg) 0,07
Asam askorbat (mg) 20
Bdd (%) 68

Buah sirsak terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah daging buah, kulit buah, biji dan poros tangan (empulur). Selain itu, buah ini juga kaya akan serat. Sekitar 3,3 g serat terdapat dalam 100 g buah sirsak. Dan hal itu dapat memenuhi kebutuhan serat 13% perhari. Daging buahnya juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa), vitamin C (20 mg/100 g), B1 dan B2.

Buah sirsak juga mengandung steroid/terpenoid, flavonoid, kumarin, alkaloid dan tannin. Flavonoid sendiri merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antidiabetes, antioksidan untuk penyakit kanker, anti mikroba dan anti virus.

Buah sirsak juga mengandung zat yang sangat potensial yakni berupa antioksidan. Zat tersebut memiliki peran yang penting dalam tubuh, sebab mampu menghambat reaksi oksidan dengan mengikat radikal bebas. Selain antioksidan, buah sirsak juga kaya vitamin C dan polifenol. 

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Selain dikonsumsi langsung sebagai buah, sirsak juga sering dibuat jus. Apalagi kandungan air dalam buah sirsak juga berlimpah, membuat buah ini cocok diolah menjadi jus. Sama seperti buahnya, jus sirsak kaya akan manfaat. Berikut merupakan manfaat jus jus sirsak.

  • Mengandung antibakteri;
  • Melancarkan sistem pencernaan;
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat;
  • Baik untuk kesehatan kulit; dan
  • Melindungi dari kanker.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Sirsak

Hampir semua makanan yang masuk ke tubuh kita memiliki 2 (dua) sisi yang berbeda, manfaat dan juga efek samping. Dan efek samping tersebut muncul dikarenakan karena mengkonsumsi secara berlebihan, berikut merupakan efek samping mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan:

  • Menyebabkan tekanan darah rendah, bagi mereka yang memiliki hipertensi, hal ini mungkin menjadi sebuah kabar gembira. Namun, akan berbeda bagi mereka yang menderita anemia;
  • Berinteraksi dengan obat anti-depresan, sama seperti orang dengan tekanan darah rendah, mereka yang mengkonsumsi obat-obatan anti-depresan juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak terlalu banyak (berlebihan);
  • Infeksi, dengan mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan akan menyebabkan infeksi;
  • Beresiko buruk bagi penderita parkinson, Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak sehingga membuat penderitanya kesulitan dalam mengkontrol gerakan tubuh; dan
  • Gangguaan kardiovaskular, sama berbahanya dengan penyakit kanker, jantung juga dikenal dengan reputasinya sebagai penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi. Jadi bagi yang memiliki masalah jantung, berhati-hatilah dalam mengkonsum buah sirsak ini.
Demikian artikel mengenai Mengenal Buah Sirsak Lebih Dekat, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.