TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus

 MlatenMania.com - Perpustakaan adalah suatu kesatuan kerja sistematis yang terdiri dari beberapa unit bagian kerja yang bisa digunakan sebagai suatu alat yang mendukung program pendidikan, pengajaran, penelitian bagi lembaga pendidikan dan dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi pemakainya.

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus adalah sebuah aplikasi perangkat lunak komputer yang di rancang khusus untuk menghandle semua kegiatan transaksi di perpustakaan sekolah, baik itu manajemen buku, transaksi peminjaman dan pengembalian oleh anggota, data anggota perpustakaan, data katalog perpustakaan serta data administrasi perpustakaan lainnya. 

Dengan adanya software manajemen perpustakaan sekolah seperti ini diharapkan agar pihak pengelolah perpustakaan dapat lebih mudah dalam mengelolah semua kegiatan administrasi dan pengelolahan perpustakaan termasuk mempermudah dalam pengelompokan buku serta mengelolah data semua data transaksi yang terjadi di perpustakaan sekolah. 

Software aplikasi perpustakaan sekolah Simple Perpus ini di desain sesimple mungkin untuk mempermudah user dalam penggunaanya. Meskipun demikian fitur yang ada di dalam simple perpus ini sudah lengkap dan cukup bahkan lebih untuk dapat menghandle semua keperluan yang ada untuk mengelolahan Perpustakaan di lingkup Sekolah. 

Modul-Modul Pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus

  1. Input Data Buku
  2. Import data buku dari file excel
  3. Export databuku ke excel
  4. Cetak Barcode Buku
  5.  Input data anggota
  6. Importt data anggota dari file excel
  7. Export data anggota ke excel
  8. Cetak KARTU ANGGOTA suport Barcode
  9. Transaksi Presensi / Daftar Hadir kunjungan perpustakaan Suport Barcode Scanner
  10. Daftar Catalog Buku
  11. Transaki Peminjaman Suport barcode Scaner
  12. Cetak bukti transaksi Peminjaman
  13. Transaksi Pengembalin Suport Barcode Scanner
  14. Cetak bukti transaksi pengembalian
  15. Transksi Buku Hilang Suport Barcode Scanner
  16. Cetak bukti Transaksi Buk Hilang
  17. Transaksi KAS masuk
  18. Transaksi Kas Keluar
  19. Laporan Presensi / Daftar Hadir
  20. Laporan Peminjmanan
  21. Laporan Histori Transaksi
  22. Laporan Pengembalian
  23. Laporan Buku Hilang
  24. Laporan Jatuh Tempo
  25. Laporan anggota sering Pinjam
  26. Laporan Buku sering dipinjam
  27. Grafik Kunjungan dan Transaksi
  28. Laporan Alur Kas
  29. Multi User
  30. Manage Otoritas User
  31. Backup Data Base
  32. Restore Database
  33. Reset Database
  34. Ganti Wallpaper
  35. Cetak Kartu Bebas Pustaka

Pada Versi terbarunya, yaitu Simple Perpus V.6.7 sudah bisa di jalankan dengan sistem jaringan sehingga membuat aplikasi Perpustakaan Sekolah ini bisa di jadikan sebagai aplikasi Perpustakaan Sekolah Client Server. Dengan demikian, maka untuk dapat melakukan transaksi ataupun mengontrol laporan transaksi bisa dilakukan dari komputer mana saja, asalkan antara komputer satu dengan yang lain sudah terhubung dalam jaringan LAN. Sebagai contoh lagi dalam penerapan Aplikasi Client Server adalah, kepala sekolah tidak perlu datang ke perpustakaan untuk melihat perkembangan perpustakaan, tapi cukup hanya install aplikasi di ruang kepala sekolah yang sudah terhubung dalam jaringan LAN, maka dari ruang kerja kepala sekolah sudah bisa memantau perkembangan perpustakaan yang ada. 

Sebagai contoh lagi penerapan Program perpustakaan client Server adalah mempermudah dalam proses transaksi absensi kunjungan anggota ke perpustakaan. Dimana pengelolah perpustakaan bisa menginstall aplikasi client di ruang depan perpustakaan, dengan tujuan agar setiap anggota yang masuk langsung menuju komputer tersebut untuk mengisi daftar kunjungan/daftar hadir ke perpustakaan yang datanya nanti akan otomatis masuk ke komputer server yang di pegang oleh admin/pengelolah perpustakaan.

Untuk mencoba aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus ini silahkan kunjungi link di bawah ini:

Demikian artikel mengenai Aplikasi Perpustakaan Sekolah Simple Perpus, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.