TpG6BSAiBUYlBUY5TUr5GfriGi==

Berbagai Olahan Berbahan Dasar Nanas Madu Khas Pemalang

 MlatenMania.com - Nanas (Ananas comosus L.) merupakan salah satu komoditas holtikultura penting yang terus dikembangkan di Indonesia. Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, nanas juga dapat diolah menjadi berbagai produk seperti jus, selai, sirup dan keripik. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah penghasil nanas, hal ini didukung oleh iklim wilayah Indonesia yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman nanas. (Hadiati dan Indriyani, 2008).

Berbagai Olahan Berbahan Dasar Nanas Madu Khas Pemalang
Olahan Nanas Madu Pemalang

Nanas Madu Produk Unggulan Kabupaten Pemalang

Kabupaten Pemalang adalah penghasil buah nanas madu terbesar di Jawa Tengah, maka pada tahun 2016 Bupati Pemalang Bapak Junaidi S.H., MM. menjadikan Nanas Madu sebagai produk unggulan Kabupaten Pemalang sekaligus simbol Kota Pemalang yang diwakili oleh replika patung nanas berwarna kuning emas yang berdiri kokoh di tengah alun-alun kota. Selain itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian juga telah menetapkan nanas madu sebagai variates paten milik Kabupaten Pemalang (Dispertan Kab. Pemalang, 2019). Dengan ditetapkannya nanas madu sebagai produk unggulan Kabupaten Pemalang tentunya menjadi hal yang positif bagi petani nanas madu Kabupaten Pemalang untuk ikut serta dalam memperkenalkan produk unggulan daerahnya.

Industri Pengolahan Nanas Madu Di Kabupaten Pemalang

Kabupaten Pemalang khususnya di Kecamatan Belik ada beberapa tempat produksi industri Nanas Madu. Tempat-tempat produksi tersebut mengolah berbagai macam olahan yang berbahan dasar dari Nanas Madu. Beberapa industri nanas madu yang masih eksis saat ini adalah Usaha pengolahaan Tiga Sekawan, Usaha Pengolahan Vitanas, Usaha Pengelohan Nanas Madu Jaya, dan Usaha Pengolahan Nanas Sodong.

Jenis olahan berbahan dasar Nanas Madu Pemalang

Berikut beberapa jenis olahan berbahan dasar Nanas Madu yang ada di Kabupaten Pemalang:

1. Minuman Vitanas 

Pembuatan minuman dari sari buah nanas ini sudah dimulai sejak 2012 lalu yang oleh pengembangnya diberi nama dengan Vitanas. Minuman Vitanas ini tersedia dalam beberapa kemasan antara lain kemasan cup, botol 250ml dan botol 500ml. Minuman ini lebih segar diminum saat dingin.

2. Sirup Nanas
3. Coctail Nanas
4. Manisan Nanas
5. Wajik Nanas
6. Stik Nanas
7. Jelly Rumput Laut Nanas
8. Kerupuk nanas
9. Permen Nanas.
10. Bola-Bola Nanas.


Produksi olahan nanas yang cukup melimpah dengan harga yang relatif murah menyebabkan masyarakat berusaha untuk meningkatkan produknya dengan cara mengolah nanas menjadi berbagai produk olahan. faktanya bahwa suatu produk akan dinilai sesuai dengan nilai tambah (Added value) yang ada pada produk tersebut, menyebabkan usaha agroindustri produk olahan nanas berkembang cukup pesat.

Demikian artikel mengenai Berbagai Olahan Berbahan Dasar Nanas Madu Khas Pemalang, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian dan terimakasih.

MlatenMania.com

Komentar0

Tinggalkan komentar Anda disini:

Type above and press Enter to search.